Ilustrasi lahan gambut. Foto: Istimewa
Ilustrasi lahan gambut. Foto: Istimewa

Walhi Dukung Program Arboretum Gambut

Nasional restorasi lahan gambut
14 November 2018 10:49
Jakarta: Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mendukung program arboretum gambut yang dilakukan Pertamina di Riau. Walhi menilai upaya melestarikan lahan gambut yang berbasis pemberdayaan masyarakat disebut positif. Secara ekosistem, gambut adalah tanaman unik sehingga perlu dijaga.
 
“Apalagi semangatnya untuk melindungi dan memulihkan gambut. Upaya-upaya seperti ini harus didorong. Kalau bisa menjadi contoh bagi pelaku bisnis lain,” kata Direktur Eksekutif Walhi Riau, Riko Kurniawan, melalui keterangan tertulis, Rabu, 14 November 2018.
 
Menurut Riko, lahan gambut berperan penting dalam mendukung ekosistem. Hal ini terjadi karena sifat gambut yang unik. Di dalam konteks perubahan iklim, misalnya, gambut merupakan penyimpan karbon terbesar. Di sisi lain, gambut juga rapuh dan mudah rusak jika dialihfungsikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Dalam konteks inilah gambut harus dijaga dan dilindungi. Dia punya kepentingan aspek ekonomi, sosial, dan budaya,” lanjut Riko.
 
Riko berharap Pertamina juga melakukan pemulihan gambut. Apalagi gambut di Sungai Pakning Bengkalis saat ini banyak yang rusak.
 
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pertamina menyasar area gambut. Di antaranya menjadikan arboretum gambut di Kelurahan Sungai Pakning Bengkalis. Kawasan itu akan dijadikan destinasi wisata alam satu-satunya di Kabupaten Bengkalis, Riau.
 
Melalui program tersebut, arboretum gambut yang merupakan area konservasi dan eduwisata lahan gambut akan menjadi sarana pendidikan dan wisata, terutama bagi generasi muda. Mereka akan diperkenalkan mengenai fungsi lahan gambut sebagai penyangga utama ekosistem di Riau.
 
Ahli Biologi Tanah Institut Pertanian Bogor (IPB) Gunawan Djajakirana berharap program Pertamina ini juga diintegrasikan dengan pembinaan masyarakat peduli api. "Agar sekaligus untuk mencegah kebakaran," kata dia.
 


 

(UWA)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif