Ilustrrasi pembobolan data pribadi. Medcom.id/M Rizal
Ilustrrasi pembobolan data pribadi. Medcom.id/M Rizal

Data 2,3 Juta Penduduk Indonesia Bocor di Dunia Maya

Nasional perlindungan data pribadi
Surya Perkasa • 22 Mei 2020 01:12
Jakarta: Sebuah akun Twitter spesialis pengawasan dan perlindungan data mengungkap data 2,3 juta penduduk Indonesia bocor di dunia maya. Akun @underthebreach mengungkap seseorang telah membagikan data mentah berisi nama, alat, NIK, dan nomor KK tersebut di sebuah forum.
 
"Aktor membocorkan informasi 2,3 juta warga negara Indonesia," tulis akun @underthebreach itu pada Kamis malam, 21 Mei 2020.
 
Data tersebut dibagikan seseorang dari kelompok tertentu di sebuah forum. Data tersebut diduga milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) karena kop surat data bertuliskan daftar pemilih tetap untuk Pemilihan Umum 2014.

Berdasarkan pengakuan akun pembocor data tersebut, data sangat berguna untuk kebutuhan pendaftaran nomor telepon atau kebutuhan lain yang memakai NIK dan nomor KK.
 
"Aktor mengklaim akan membocorkan 200 juta data penduduk lain dalam waktu dekat," lanjut akun @underthebreach tersebut.
 
Tulisan @underthebreach tersebut juga memperlihatkan bukti data yang dibocorkan. Dia menunjukkan tulisan pembocor data dan contoh data yang dibagikan.
 
Cuitan akun ini langsung banyak dikomentari dan diteruskan akun Twitter lain. Banyak yang mempertanyakan keamanan dan perlindungan data penduduk Indonesia.
 
"Kerahasiaan data di sini cuma mitos, dan banyak orang kita (Indonesia) tak sadar soal ini semakin perburuk keadaan. Masyarakat menganggap kerahasiaan data hal remeh yang enggak perlu dikhawatirkan," tulis akun @rumputkecambah.
 
Sebagian warganet juga merespons dan memprediksi sikap pemerintah. Banyak yang menduga Kementerian Komunikasi dan Informatika ataupun KPU bakal berdalih.
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif