Ilustrasi--Dua petugas kepolisian dari Polsek Pademangan melakukan patroli di area Pantai Ancol Taman Impian, Pedemangan, Jakarta Utara, Minggu (5/1)--MI/Susanto
Ilustrasi--Dua petugas kepolisian dari Polsek Pademangan melakukan patroli di area Pantai Ancol Taman Impian, Pedemangan, Jakarta Utara, Minggu (5/1)--MI/Susanto

Hari Ini Konsentrasi Pengamanan Terpusat di Lokasi Wisata

Nasional tahun baru natal
Lukman Diah Sari • 26 Desember 2017 13:47
Jakarta: Hari kedua pasca-perayaan Natal 2017, Selasa, 26 Desember 2017, konsentrasi pengamanan terdapat di kawasan objek wisata, pusat belanja, pelabuhan, dan stasiun. Selain anggota polisi, anggota TNI dan masyarakat juga diperbantukan.
 
"Kami sebar semua personel polisi di-backup TNI dan masyarakat untuk jaga dan waspadai aksi gangguan keamanan," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal, di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
 
Jumlah pengunjung di lokasi objek wisata, belanja, hingga pelabuhan dan stasiun yang banyak, berpotensi menimbulkan potensi gangguan keamanan. "Misal di Jakarta ada Ancol, Ragunan, dan lain-lain. Pusat perbelanjaan dari kemarin kita tampil di situ," ucapnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: 90 Ribu Personel Khusus Jaga Natal dan Tahun Baru
 
Dia menyebut polisi hadir di tengah masyarakat bukan hanya saat momentum terjadi kejahatan. Melainkan juga hadir ketika tak ada kejadian kejahatan.
 
Polri menyiapkan 90 ribu personel khusus untuk menjaga libur panjang Natal 2017 dan Tahun Baru 2018. Mereka akan disebar ke berbagai lokasi operasi lilin yang dimulai pada 22 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018.
 
"Sebanyak 90 ribu itu yang tugas khusus. Yang tugas rutin tetap. Jadi, pelayanan Polri tetap selama liburan Natal dan tahun baru ditambah dengan yang tugas khusus," kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Desember 2017.
 
Tugas khusus yang diberikan kepada personel ini adalah pengamanan tempat wisata, ibadah, dan jalur-jalur lalu lintas. Pengamanan lalu lintas menjadi perhatian lantaran momen ini biasanya digunakan publik untuk bepergian.
 

 
Jenderal bintang dua itu memastikan pihaknya akan mencegah kemacetan panjang. Menurut dia, kondisi saat ini sudah berubah. Sekarang pintu keluar Tol Brebes (Brexit) sudah diperbaiki. Jalur Pantai Utara (Pantura), kata dia, dipastikan bakal banyak digunakan.
 
Sementara itu, proyek pembangunan di Tol Cikampek dihentikan sementara untuk Natal dan tahun baru. Hal ini untuk menghindari kemacetan akibat kepadatan kendaraan.
 
"Untuk tempat wisata kita mengantisipasi masyarakat yang tidak merayakan Natal. Mereka ada libur mungkin ke tempat-tempat wisata seperti kebun binatang atau Puncak. Itu harus diantisipasi," pungkas dia.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif