Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto: MI/Susanto
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Foto: MI/Susanto

Dukungan Panglima ke Iwan Setiawan Dinilai Tak Etis

Nasional industri tekstil tekstil
Renatha Swasty • 15 Januari 2020 10:08
Jakarta: Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto diduga mendukung salah satu calon ketua Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API), Iwan Setiawan Lukminto. Sikap Hadi dinilai tak tepat.
 
"Beredarnya video Panglima TNI memberikan atensi khusus kepada salah satu bos tekstil di Indonesia, saya lihat sebagai sesuatu yang agak ganjil. Harusnya TNI sebagai instrumen negara menjaga hubungan baik dengan semua pihak," kata anggota DPR Fraksi NasDem Kresna Dewanata Phrosakh di Jakarta, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Kresna tak mempermasalahkan bila dukungan bersifat pribadi. Namun, ketika dukungan yang disampaikanmenggunakan atribut kebesaran TNI, dinilai tidak tepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia tak ingin terjadi distorsi pemahaman di masyarakat. Dukungan juga dinilai menyalahi netralitas TNI sebagai institusi negara.
 
"Di tengah kepercayaan masyarakat yang tinggi terhadap TNI jangan sampai ada opini-opini yang membuat TNI dipandang kecil karena ikut-ikutan dalam ajang pemilihan API," kata dia.
 
Kresna menyebut Panglima TNI sepatutnya mengedepankan kepentingan negara dan bangsa di atas kepentingan kelompok ataupun golongan tertentu. Dia mengingatkan tugas utama TNI ialah menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. TNI juga melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.
 
Tugas mesti tercermin dalam setiap jiwa prajurit TNI dan secara khusus tugas tersebut merupakan amanah yang harus dijaga serta dipegang teguh Panglima TNI. Kresna menyebut buat menindaklanjuti tersebarnya video dukungan tersebut, Fraksi NasDem akan menyurati dan meminta klarifikasi langsung dari Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.
 
Video berdurasi 1 menit 39 detik itu berisi dukungan Hadi pada pemilik PT Sri Rejeki Isman Tbk (Sritex) Iwan Setiawan Lukminto. Dalam video yang dirilis Pusat Penerangan TNI itu Hadi nampak duduk menghadap kamera mengenakan seragam TNI sambil menyampaikan dukungan buat Iwan.
 
Berikut pernyataan Hadi:
 
"Saya mengenal Pak Iwan Setiawan Lukminto, beliau tidak hanya menjadikan PT Sritex sebagai perusahaan tekstil kelas dunia melainkan industri yang memiliki ikatan yang kuat antara perusahan dengan karyawan yang berkemampuan tinggi dan sejahtera serta kemajuan teknologi. Mengembangkan pasar lebih dari 30 negara adalah buktinya. Semangat semacam itu tentunya akan sangat bernilai bila Pak Iwan diberi kepercayaan sebagai Ketua Umum Asosiasi Pertekstilan Indonedia. Di tengah-tengah ketidakpastian perekonomian global maka dibutuhkan kepemimpinan dan pemikiran kritis untuk menghadapinya dan saya yakin Pak Iwan adalah salah satu figur tersebut yang dapat membawa industri pertekstilan semakin maju dan berkualitas global"
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif