Enam Orang Kena OTT Sampah di CFD

Intan Yunelia 06 Mei 2018 13:50 WIB
car free day
Enam Orang Kena OTT Sampah di CFD
Petugas meminta keterangan pada warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan - Medcom.id/Intan Yunelia.
Jakarta: Petugas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta melakukan operasi tangkap tangan (OTT) pada enam orang yang kedapatan membuang sampah sembarangan di area car free day (CFD). Mereka yang tertangkap dibawa ke posko untuk dimintai keterangan lebih lanjut. 

"Kami sudah menangkap enam orang," kata salah seorang petugas Lingkungan Hidup DKI, Sigit Pamungkas, kepada Medcom.id, di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu, 6 Mei 2018.

Sigit mengungkapkan mereka yang tertangkap berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari pelajar, mahasiswa hingga orang dewasa. 


"Yang lagi kita tanyai ini di sini adalah pengunjung CFD. Contoh ada pedagang kopi dan anak sekolah dan juga malah ada dari warga Ciamis datang ke sini," beber Sigit.

Bagi warga yang tertangkap basah akan diberikan pengarahan serta dikenakan sanksi. "Ada juga yang kita berikan sanksi sosial, berbentuk membantu kita memungut sampah yang ada di area sini. Ada yang denda Rp20ribu dan semampunya," ucap Sigit. 

Posko lingkungan hidup ini disebar di sepanjang jalan area CFD. Total, ada lima posko dengan puluhan petugas yang berjaga di lapangan.

Sigit menyebut langkah ini merupakan salah satu bentuk upaya Dinas Lingkungan Hidup Jakarta dalam menegakkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2013 tentang pengelolaan sampah. Pada Pasal 130 disebutkan warga yang membuang sampah sembarangan dikenakan denda minimal Rp100 ribu hingga Rp500 ribu.

"Kita tidak hanya pengangkutan sampah saja dan sekarang kita mau menegakkan Perda 3 tahun 2013 tentang pembuangan sampah," tukas Sigit. 





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id