Presiden Jokowi meresmikan peletakan batu pertama pembangunan smelter Freeport di Gresik/BPMI Setpres
Presiden Jokowi meresmikan peletakan batu pertama pembangunan smelter Freeport di Gresik/BPMI Setpres

Resmikan Pembangunan Smelter Freeport, Jokowi Berkomitmen Menjaga Iklim Investasi

Kautsar Widya Prabowo • 12 Oktober 2021 12:08
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik pemurnian dan pengolahan (smelter) tambang PT Freeport Indonesia, di Gresik, Jawa Timur hari ini, 12 Oktober 2021. Kehadiran smelter tersebut diyakini mampu menarik industri lain untuk berinvestasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik. 
 
"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim, hari ini saya nyatakan dimulai groundbreaking pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di kawasan KEK Gresik Provinsi Jawa Timur," ujar Jokowi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 12 Oktober 2021. 
 
Jokowi menegaskan pemerintah berkomitmen menjaga iklim investasi semakin baik. Dukungan itu terwujud dalam sektor infrastruktur, kemudahan dan kepastian berusaha, ketersedian sumber daya manusia (SDM), dan lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Resmikan Pembangunan Smelter Freeport, Jokowi Berkomitmen Menjaga Iklim Investasi
Pembangunan smelter Freeport di Gresik/BPMI Setpres.
 
"Pemerintah Kabupaten juga ikut mendukung agar KEK Gresik ini semakin maju dan Indonesia akan semakin diminati sebagai tujuan investasi," kata Kepala Negara.
 
Baca: Presiden Jokowi Groundbreaking Smelter Freeport di Jawa Timur
 
Menurut Presiden, pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Gresik merupakan kebijakan yang strategis. Kebijakan ini diambil setelah Indonesia berhasil mengusai 51 persen saham Freeport.
 
"Saat itu juga kita mendorong agar Freeport membangun smelter di dalam negeri," kata dia.
 
Dalam peresmian smelter PT Freeport Indonesia di Jawa Timur, Jokowi didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif