MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)
MGN Summit Indonesia 2021: Publick Heath-Vaccine What to Expect varian baru virus covid-19. (Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)

23 Kabupaten/Kota Masih Berstatus PPKM Level 3

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 Satgas Covid-19 PPKM PPKM Darurat PPKM level 3 PPKM Diperpanjang
Antara • 11 Mei 2022 00:08
Jakarta: Sebanyak 23 kabupaten/kota di Indonesia masih menjalankan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Level 3. PPKM akan terus diberlakukan hingga covid-19 di Tanah Air bisa dikendalikan.
 
"Kebijakan PPKM leveling akan terus berlanjut sampai dengan kondisi covid-19 di tingkat internasional dan nasional dapat terkendali dengan baik," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito, Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Wiku menyebut kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Bali yang masih berstatus PPKM Level 3, yakni Kabupaten Pamekasan. Sedangkan, kabupaten/kota di luar Pulau Jawa dan Bali yang berstatus sama sebanyak 22.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia memastikan perpanjangan PPKM hingga Mei 2022 melalui sejumlah pertimbangan. Perpanjangan PPKM tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 24 Tahun 2022 tentang PPKM Jawa-Bali dan Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2022 tentang PPKM di Luar Jawa-Bali.
 
Wiku menegaskan pemerintah tidak ingin terburu-buru mengambil langkah dalam menghadapi pandemi covid-19. Sehingga, setiap aturan maupun kebijakan yang diambil akan disesuaikan dengan kondisi baik secara nasional maupun global.
 
Menurut Wiku, setiap kebijakan yang diterapkan juga akan disesuaikan dengan perkembangan dari setiap indikator penanganan covid-19. Seperti angka kematian, keterisian rumah sakit (BOR), angka kesembuhan, kasus positif, dan kasus aktif di Indonesia.
 
Baca: PPKM Level 3, Pemerintah Imbau Masyarakat Ibadah di Rumah
 
Di sisi lain, Wiku mengucapkan terima kasih kepada setiap pemerintah daerah yang menurunkan level PPKM di daerahnya. Termasuk, giat mematuhi aturan-aturan dalam pembatasan masyarakat guna melindungi kesehatan warganya.
 
Dia juga mengapresiasi kinerja TNI/Polri, pemerintah daerah, dan kementerian/lembaga terkait yang berjuang bersama-sama menyukseskan kegiatan mudik 2022 dengan aman dan nyaman. Khususnya, seluruh masyarakat yang mematuhi aturan pelaku perjalanan yang diterapkan pemerintah.
 
"Saya ucapkan terima kasih kepada aparat TNI/Polri, pemerintah daerah, kementerian/lembaga, dan seluruh masyarakat yang berjuang menyukseskan agenda mudik Lebaran 2022. Perlu kita sadari bahwa kedisiplinan dan kolaborasi seluruh pihak merupakan hal yang paling utama dan menjadi kunci dalam penanganan pandemi covid-19," kata Wiku.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif