Jakarta: PT Pos Indonesia (Persero) atau PosIND menjadi mitra strategis pemerintah dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Sementara (BLTS) Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Kali ini, penyaluran BLTS Kesra dilakukan di Yogyakarta lewat Kantor Cabang Utama (KCU) Yogyakarta.
BLTS Kesra merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar rumah tangga.
Dengan dukungan lebih dari 4.000 Kantor Cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, PosIND memegang peran sentral dalam memastikan bantuan dapat tersalurkan secara lancar hingga ke wilayah terpencil.
Deputy EGM KCU Yogyakarta, Ngadirin, menjelaskan bahwa Pos Indonesia menjalankan peran strategis sebagai mitra penyalur BLT hingga diterima langsung oleh masyarakat secara tetap sasaran.
"Peran PT Pos Indonesia yaitu untuk menyalurkan bantuan kesejahteraan rakyat yang bersumber dari Kementerian Sosial. Untuk alur penyalurannya pertama kali adalah data yang sudah disiapkan kementerian sosial kemudian divalidasi oleh kantor pusat kemudian data tersebut disiapkan dananya oleh kementerian," kata Ngadirin dikutip Minggu, 28 Desember 2025.
Ngadirin menambahkan, data yang telah disiapkan diproses menjadi data Danom dan SP, lalu dikloning ke sistem CoreGiroSystem. "Setelah itu data diinstruksikan ke KCU untuk diunduh, dicetak, dan disiapkan bersama BNBA-nya (By Name By Address). Bagian keuangan kemudian membebankan dana sejumlah KPM dikalikan Rp900 ribu," lanjut Ngadirin.
"Kemudian kami koordinasi dengan pihak dinas sosial baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk penjadwalan. Nah setelah itu prosesnya adalah menyiapkan tenaga untuk penyaluran, verifikasi, juru bayar dan tentunya menyiapkan dana untuk masing-masing titik salur dan terakhir adalah penyaluran dananya kepada para KPM," beber Ngadirin.
Penyaluran BLTS tanpa antrean panjang
PT Pos Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dalam proses penyaluran BLTS Kesra, khususnya untuk mencegah terjadinya antrean panjang.
"Untuk mengurai anteran penyaluran dana yang banyak, ada beberapa mekanisme. Pertama pengelompokkan per desa. Kalau desanya sedikit maka dikelompokkan lagi per dusun. Nanti jam berapa pengambilan itu disempitkan lagi dengan beberapa titik lokasi. Kalau untuk KCU Yogyakarta tentunya di kantor-kantor cabang sehingga tujuannya untuk mengurai dari antrean," ungkap Ngadirin.
Ia juga mengimbau untuk warga penerima BLTS Kesra agar mengikuti jadwal yang telah ditentukan.
"Kendalanya, para KPM ini biasanya itu hadir tidak pada waktu yang ditentukan atau misalnya berkumpul di waktu yang sama. Kami mohon KPM yang mendapat surat pemberitahuan bisa menepati waktu salurnya. Jika ada lansia, disabilitas, atau yang sedang berobat, mohon diinformasikan agar kami bisa melakukan perlakuan khusus,” pungkas Ngadirin.
Apresiasi dari masyakarat
Penyaluran BLTS Kesra yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia juga mendapatkan apresiasi dari para Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan sebesar Rp900 ribu ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Yogyakarta. Selain itu, proses penyaluran yang nyaman dan teratur memberikan pengalaman berkesan bagi penerima bantuan.
Enih Astuti, ibu rumah tangga asal Tegarejo, Yogyakarta yang menerima BLTS Kesra mengaku sangat terbantu karena uang yang ia dapatkan bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga.
"Alhamdulillah saya mendapatkan BLT Rp900 ribu buat tanmbahan memenuhi kebutuhan keluarga. Penyalurannya sangat memuaskan, semuanya sangat rapi dan tidak ada antrean panjang. Ya mudah-mudahan ke depannya lebih baik lagi dalam pelayanan dan bisa bermanfaat buat masyarakat banyak," kata Enih.
Hal senada juga disampaikan Nauval, penjual sate kambing di daerah Katamso, Yogyakarta. Ia berharap BLTS Kesra bisa menjangkau lebih banyak masyarakat yang memang membutuhhkan.
"Bantuan ini untuk kebutuhan sehari-hari sama kebutuhan anak-anak. Penyalurannya sangat baik, tersusun rapi dan cepat. Semoga semua dapatlah biar yang lain bisa merasakan juga. Terima kasih sudah memberikan bantuan. Ini sangat membantu dan bermanfaat," ujar Nauval.
Lebih lanjut, KPM lainnya Muslika Nur Hidayah mengapresiasi penyaluran BLTS Kesra yang menurutnya sangat baik dalam pendataan sehingga tepat sasaran.
"Beberapa waktu lalu didatangin di rumah dan disurvei, semuanya lancar. Dari kantor pos juga melayani dengan baik. Ini dapat Rp900 ribu rencananya untuk bayar sekolah anak, beli sembako. Harapannya sih semoga bantuan tetap ada buat yang membutuhkan dan yang menerima lebih tepat sasaran. Terima kasih kantor pos sudah menjadi teman untuk masyarakat seperti kita dan mau menyalurkan dengan sepenuh hati," kata Muslika.
Jakarta:
PT Pos Indonesia (Persero) atau PosIND menjadi mitra strategis pemerintah dalam penyaluran Bantuan Langsung Tunai Sementara (BLTS) Kesejahteraan Rakyat (Kesra). Kali ini, penyaluran BLTS Kesra dilakukan di Yogyakarta lewat Kantor Cabang Utama (KCU) Yogyakarta.
BLTS Kesra merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mempercepat pemulihan ekonomi sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat berpenghasilan rendah untuk membantu pemenuhan kebutuhan dasar rumah tangga.
Dengan dukungan lebih dari 4.000 Kantor Cabang yang tersebar di seluruh Indonesia, PosIND memegang peran sentral dalam memastikan bantuan dapat tersalurkan secara lancar hingga ke wilayah terpencil.
Deputy EGM KCU Yogyakarta, Ngadirin, menjelaskan bahwa Pos Indonesia menjalankan peran strategis sebagai mitra penyalur BLT hingga diterima langsung oleh masyarakat secara tetap sasaran.
"Peran PT Pos Indonesia yaitu untuk menyalurkan bantuan kesejahteraan rakyat yang bersumber dari Kementerian Sosial. Untuk alur penyalurannya pertama kali adalah data yang sudah disiapkan kementerian sosial kemudian divalidasi oleh kantor pusat kemudian data tersebut disiapkan dananya oleh kementerian," kata Ngadirin dikutip Minggu, 28 Desember 2025.
Ngadirin menambahkan, data yang telah disiapkan diproses menjadi data Danom dan SP, lalu dikloning ke sistem CoreGiroSystem. "Setelah itu data diinstruksikan ke KCU untuk diunduh, dicetak, dan disiapkan bersama BNBA-nya (By Name By Address). Bagian keuangan kemudian membebankan dana sejumlah KPM dikalikan Rp900 ribu," lanjut Ngadirin.
"Kemudian kami koordinasi dengan pihak dinas sosial baik provinsi maupun kabupaten/kota untuk penjadwalan. Nah setelah itu prosesnya adalah menyiapkan tenaga untuk penyaluran, verifikasi, juru bayar dan tentunya menyiapkan dana untuk masing-masing titik salur dan terakhir adalah penyaluran dananya kepada para KPM," beber Ngadirin.
Penyaluran BLTS tanpa antrean panjang
PT Pos Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dalam proses penyaluran BLTS Kesra, khususnya untuk mencegah terjadinya antrean panjang.
"Untuk mengurai anteran penyaluran dana yang banyak, ada beberapa mekanisme. Pertama pengelompokkan per desa. Kalau desanya sedikit maka dikelompokkan lagi per dusun. Nanti jam berapa pengambilan itu disempitkan lagi dengan beberapa titik lokasi. Kalau untuk KCU Yogyakarta tentunya di kantor-kantor cabang sehingga tujuannya untuk mengurai dari antrean," ungkap Ngadirin.
Ia juga mengimbau untuk warga penerima BLTS Kesra agar mengikuti jadwal yang telah ditentukan.
"Kendalanya, para KPM ini biasanya itu hadir tidak pada waktu yang ditentukan atau misalnya berkumpul di waktu yang sama. Kami mohon KPM yang mendapat surat pemberitahuan bisa menepati waktu salurnya. Jika ada lansia, disabilitas, atau yang sedang berobat, mohon diinformasikan agar kami bisa melakukan perlakuan khusus,” pungkas Ngadirin.
Apresiasi dari masyakarat
Penyaluran BLTS Kesra yang dilakukan oleh PT Pos Indonesia juga mendapatkan apresiasi dari para Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Bantuan sebesar Rp900 ribu ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Yogyakarta. Selain itu, proses penyaluran yang nyaman dan teratur memberikan pengalaman berkesan bagi penerima bantuan.
Enih Astuti, ibu rumah tangga asal Tegarejo, Yogyakarta yang menerima BLTS Kesra mengaku sangat terbantu karena uang yang ia dapatkan bisa digunakan untuk kebutuhan keluarga.
"Alhamdulillah saya mendapatkan BLT Rp900 ribu buat tanmbahan memenuhi kebutuhan keluarga. Penyalurannya sangat memuaskan, semuanya sangat rapi dan tidak ada antrean panjang. Ya mudah-mudahan ke depannya lebih baik lagi dalam pelayanan dan bisa bermanfaat buat masyarakat banyak," kata Enih.
Hal senada juga disampaikan Nauval, penjual sate kambing di daerah Katamso, Yogyakarta. Ia berharap BLTS Kesra bisa menjangkau lebih banyak masyarakat yang memang membutuhhkan.
"Bantuan ini untuk kebutuhan sehari-hari sama kebutuhan anak-anak. Penyalurannya sangat baik, tersusun rapi dan cepat. Semoga semua dapatlah biar yang lain bisa merasakan juga. Terima kasih sudah memberikan bantuan. Ini sangat membantu dan bermanfaat," ujar Nauval.
Lebih lanjut, KPM lainnya Muslika Nur Hidayah mengapresiasi penyaluran BLTS Kesra yang menurutnya sangat baik dalam pendataan sehingga tepat sasaran.
"Beberapa waktu lalu didatangin di rumah dan disurvei, semuanya lancar. Dari kantor pos juga melayani dengan baik. Ini dapat Rp900 ribu rencananya untuk bayar sekolah anak, beli sembako. Harapannya sih semoga bantuan tetap ada buat yang membutuhkan dan yang menerima lebih tepat sasaran. Terima kasih kantor pos sudah menjadi teman untuk masyarakat seperti kita dan mau menyalurkan dengan sepenuh hati," kata Muslika.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
(PRI)