Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/Solahuddin
Wakil Presiden terpilih Ma'ruf Amin. Foto: Medcom.id/Solahuddin

Ma'ruf Sebut Larangan Bercadar untuk Penegakan Disiplin

Nasional syariat islam Tangkal Radikalisme
Antara • 01 November 2019 19:10
Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin sepakat dengan usulan larangan bercadar dan celana cingkrang di instansi pemerintah. Usulan itu upaya penegakan disiplin berpakaian bagi aparat
sipil negara (ASN).
 
"Itu dalam rangka disiplin saja, penegakan disiplin. Pemerintah itu ada aturannya, ada aturan pakaian seperti apa, kalau dia tentara perempuan, polisi perempuan itu harus seperti apa, kemudian pegawai negeri seperti apa," ujar Ma'ruf di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat, 1 November 2019.
 
Ma'ruf mengatakan penanggulangan radikalisme sudah menjadi komitmen pemerintah, baik radikalisme ideologis maupun separatis. "Saya kira itu memang kalau dibiarkan akan merusak keutuhan bangsa," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Menteri Agama Fachrul Razi berencana melarang penggunaan cadar saat memasuki instansi pemerintahan. Hal itu demi alasan keamanan usai insiden penusukan mantan Menko Polhukam Wiranto.
 
"Memang nantinya bisa saja ada langkah-langkah lebih jauh, tapi kita tidak melarang niqab, tapi melarang masuk instansi-instansi pemerintah, demi alasan keamanan," kata Fachrul saat Lokakarya 'Peningkatan Peran dan Fungsi Imam Tetap Masjid' di Hotel Best Western, Jakarta, Rabu, 30 Oktober 2019.
 
Fachrul menekankan penggunaan cadar tak ada hubungannya dengan keimanan. "Kita ingin memberikan kejelasan itu bukan ukuran tingginya iman dan takwa seseorang," tutur dia.
 
Kementerian Dalam Negeri sudah menerapkan aturan berpakaian ASN dalam lingkungan kerjanya, yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 6 Tahun 2016 tentang Pakaian Dinas di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pemerintah Daerah.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif