Menag Fachrul Razi. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Menag Fachrul Razi. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Masalah Cadar Bisa Menimbulkan Salah Persepsi

Nasional syariat islam menteri agama
M Sholahadhin Azhar • 01 November 2019 14:09
Jakarta: Alasan Menteri Agama Fachrul Razi melarang penggunaan cadar di lingkungan Kementeriannya dipertanyakan. Apalagi, Kemenag tidak didominasi aparatur sipil negara (ASN) yang menggunakan cadar.
 
"Apakah memang sudah banyak di lingkungan ASN yang menggunakan cadar dan celana cingkrang? Berapa banyak jumlah ASN yang menggunakan dua atribut tersebut?" kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily di Kompleks Parlemen, Jakarta, 1 November 2019.
 
Ace juga mempertanyakan kaitan penggunaan cadar dan celana cingkrang dengan paham radikalisme. Politikus Golkar ini berharap kebijakan Fachrul tidak berdampak pada kepercayaan aparatur terhadap pemerintah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia meminta kajian itu ditelaah kembali. Terlebih, pernyataan itu menimbulkan kegaduhan.
 
"Saya khawatirkan menimbulkan persepsi yang salah terhadap pemerintahan Jokowi," katanya.
 
Dia meminta Fachrul lebih berhati-hati membuat suatu kebijakan. Sebab semua pihak sama-sama melawan radikalisme, namun kebijakan tanpa dasar kuat malah akan menimbulkan persepsi yang keliru.
 
Ace ingin Fachrul mengedepankan pendekatan preventif dan pencegahan dalam menyelesaikan masalah radikalisme. Misalnya dengan menimbang berbagai pertimbangan dan pendekatan, baik dari segi agama, sosiologis, politis, budaya dan HAM.
 
"Harus betul-betul menjadi pertimbangan dalam menlontarkan berbagai rencana kebijakan, termasuk tentang larangan penggunaan cadar dan celana cingkrang itu," kata dia.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif