Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra
Presiden Joko Widodo. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama Putra

Jokowi Sebut Manajemen Kebencanaan Semakin Baik

Nasional Gempa Bumi Mitigasi Bencana
Damar Iradat • 15 November 2019 19:40
Lampung: Presiden Joko Widodo terus memantau informasi gempa di sekitar perairan Sulawesi Utara (Sulut) dan Maluku Utara (Malut). Jokowi menyebut laporan gempa direspons dengan baik sehingga minim kerusakan dan korban.
 
"Ini akan saya ikuti terus buat mendapatkan laporan yang paling akhir. Kita patut bersyukur masyarakat sekarang sudah lebih tenang dan aparat manajemennya juga lebih baik sehingga ketenangan itulah yang saya kira mengurangi korban-korban yang ada," ujar Jokowi di Bandar Udara Radin Inten II, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Jumat, 15 November 2019.
 
Jokowi menuturkan kesadaran masyarakat dan pendidikan kebencanaan perlu terus disosialisasikan ke masyarakat luas. Ini buat meningkatkan kewaspadaan serta mengurangi risiko jatuhnya korban jiwa dan kerusakan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kira memang inilah yang harus terus disosialisasikan karena kita sekarang menyadari bahwa kita berada di ring of fire," kata dia. 
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memberi peringatan dini tsunami di wilayah Malut dan Sulut. Peringatan ini menyusul gempa 7,1 magnitude yang mengguncang wilayah Jailolo, Maluku Utara, Kamis, 14 November 2019. Peringatan tsunami resmi berakhir pukul 00.55 WIB, Jumat, 15 November 2019. 
 
Data permodelan BMKG mencatat wilayah Sulut yang berpotensi tsunami ialah Kota Bitung dengan status waspada. Dua wilayah di Maluku Utara, Halmahera dan Ternate juga berstatus waspada.
 


 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif