WNI keturunan Prancis, Enzo Zens Allie, taruna akademi militer. (Tangkapan layar Credit Video Puspen TNI)
WNI keturunan Prancis, Enzo Zens Allie, taruna akademi militer. (Tangkapan layar Credit Video Puspen TNI)

Pertahankan Enzo, Keputusan KSAD Diapresiasi

Nasional akademi militer berita dpr
Gervin Nathaniel Purba • 14 Agustus 2019 15:56
Jakarta: Ketua Komisi I DPR Abdul Kharis Almasyhari mengapresiasi langkah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa yang memastikan Enzo Zenz Allie tetap dipertahankan sebagai taruna di Akademi Militer (Akmil). Dia meyakini TNI sudah memberikan keputusan yang kredibel.
 
"Akademi Militer itu lembaga terakreditasi, terhormat, dan kita junjung tinggi sebagai kawah candradimuka putra dan putri terbaik NKRI. Saya yakin 100 persen (KSAD) sangat profesional dan kredibel. Saya apresiasi langkah KSAD dan dukung terus langkah TNI,” ujar Kharis, dalam keterangan tertulis, Rabu, 14 Agustus 2019.
 
Kharis mengimbau agar masyarakat menyudahi permasalahan Enzo. Kharis mengibaratkan jika ada seseorang yang berfoto dengan sebuah buku Marxisme, apakah lantas kita seenaknya mengatakan orang tersebut sebagai pendukung komunisme.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini misal saja ya. Ada Taruna telah memenuhi syarat untuk menjadi taruna Akmil di Magelang. Dia WNI dan telah lolos syarat baik dari tes fisik mau pun psikologi. Lalu anak ini lagi jalan ke toko buku lalu foto bersama buku Marxisme. Dia upload ke sosial media, apa lantas dia kita katakan komunis yang jelas dilarang, atau kita akan terus makan itu hasutan dan provokasi di sosial media,” ujar Kharis.
 
“Seharusnya kan tidak. Percayalah bahwa TNI pasti lakukan yang terbaik" ujar Kharis, menambahkan.
 
Politikus PKS ini juga meminta agar warganet harus adil dan bertanggung jawab, terutama yang memfitnah Enzo Agar nama baik Enzo segera dipulihkan. Siapapun sebaiknya menghargai segala pilihan TNI terkait Enzo.
 
"Kita melihat bagaimana dampak sosial media dan literasi penggunaan media sosial dalam kasus Enzo. Jangan mudah menilai, apalagi membuat opini sedemikian rupa. Jadilah pengguna media sosial yang bertanggungjawab. Bagi yang sudah memfitnah dan membuat opini segeralah minta maaf,“ kata Kharis, tegas.
 
Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan Enzo Zenz Allie tetap menjadi calon prajurit taruna akademi militer (akmil). Enzo telah menjalani tes khusus indeks moderasi bernegara pekan lalu.
 
"Kami memutuskan mempertahankan Enzo dan semua taruna lainnya," kata Andika dalam konferensi pers di Mabes TNI AD, Jakarta Pusat, Selasa, 13 Agustus 2019.
 
Tes indeks moderasi bernegara itu dilakukan pada 10-11 Agustus 2019. Tes diikuti seluruh taruna Akmil, termasuk Enzo Zens Allie. Hasil tes pun dianalisis kemarin.
 
"Kesimpulannya Enzo Zenz Allie dilihat dari indeks moderasi bernegara, itu ternyata kalau dikonversi menjadi persentase itu memiliki nilai 84 persen atau nilainya 5,9 dari maksimum 7. Jadi indeks moderasi bernegaranya cukup bagus," katanya.
 
TNI AD menjalankan rangkaian tes kepada calon taruna. Tes itu terdiri dari akademik, kesehatan jasmani, psikologi, mental, dan ideologi.
 
"(Indeks) ini sudah digunakan dan dikembangkan cukup lama. Akurasi dan validasinya bisa dipertanggungjawabkan," ujar dia
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif