Wakil Ketua DPR R Rachmat Gobel menyebut Indonesia berpeluang rajai industri halal di pasar global. Foto: Dok/Metro TV
Wakil Ketua DPR R Rachmat Gobel menyebut Indonesia berpeluang rajai industri halal di pasar global. Foto: Dok/Metro TV

Metro Pagi Primetime

Indonesia Harus Pintar Manfaatkan Peluang Untuk Rajai Industri Halal di Pasar Global

Nasional Orang Terkaya di Indonesia Industri Halal Rachmat Gobel Metro Pagi Primetime
MetroTV • 27 November 2021 13:26
Istanbul: Pengembangan industri halal terus digenjot agar Indonesia dapat merajai pasar global. Data menunjukkan Indonesia masih kalah apabila dibandingkan dengan Malaysia dan Arab Saudi.
 
Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel menyebut, Indonesia memiliki peluang dan potensi yang sangat luar biasa untuk memasuki produk dan industri halal ke pasar global. Namun, Indonesia dikatakan kurang bisa memanfaatkan peluang.
 
Rachmat bahkan meminta agar Indonesia membuat sendiri pasar halal. Mengingat banyak hasil bumi, laut dan kuliner yang dapat dimanfaatkan untuk jadi produk halal secara global.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Indonesia mempunyai peluang yang sangat luar biasa karena kita didukung oleh hasil bumi, hasil laut dan kalau bicara dari makanan dari Sabang sampai Merauke, itu kita punya jenis makanan yang bisa dibuat menjadi produk global,” ujar Rachmat dalam tayangan Metro Pagi Primetime di Metro TV, Sabtu, 27 November 2021.
 
Rachmat menjelaskan, Malaysia bahkan telah mempromosikan rendang dalam pasar global sejak beberapa tahun lalu. Sedangkan Indonesia berbicara rendang hanya berskala nasional. Menurutnya, Indonesia selalu terlambat untuk mempromosikan produk halal ke pasar global.
 
Menurut Rachmat, Indonesia masih memiliki banyak peluang yang dapat diisi. Indonesia dikatakan dapat memanfaatkan hasil perkebunan untuk nilai tambah dan mendorong agar diminati pasar dunia yaitu dalam bentuk herbal.
 
Masih banyak pekerjaan rumah (PR) Indonesia yang harus diselesaikan untuk mendongkrak produk dan industri halal nasional agar merajai pasar global. Rachmat menyarankan agar Indonesia dalam waktu dekat fokus terhadap produk makanan halal, kosmetik dan produk herbal.
 
“Ketiga ini saja kalau kita dorong, promosikan dan kita giatkan lebih besar lagi saya yakin kita bisa nomor satu,” tegas Rachmat. (Widya Finola Ifani Putri)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif