Glenn Fredly (kanan) Peringatan Haul Gus Dur bertajuk
Glenn Fredly (kanan) Peringatan Haul Gus Dur bertajuk "Menjadi Gus Dur Menjadi Indonesia" di Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Senin (5/2/2018)/ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko.

Glenn Fredly Penganut Semangat Toleransi Gus Dur

Nasional Glenn Fredly Meninggal
Sobih AW Adnan • 09 April 2020 06:00

Jakarta:Bukan hanya musisi, Glenn Fredly juga karib dengan kalangan aktivis toleransi keberagamaan. Terlebih, di lingkungan keluarga Presiden keempat RI KH Abdurrahman 'Gus Dur' Wahid, Glenn tak sekalipun alpa dalam peringatan haul "Bapak Toleransi" yang dihelat sejak sepuluh tahun lalu itu.
 
"Glenn adalah gusdurian sejati. Ia tidak hanya mencintai Gus Dur, tapi benar-benar punya sikap yang selaras dengan 9 nilai utama yang mengilhami setiap pemikiran dan tindakan Gus Dur," kata putri pertama Gus Dur, Alissa Qotrunnada Wahid kepada Medcom.id, Kamis, 9 April 2020.

Di komunitas Gusdurian, 9 nilai utama Gus Dur terdiri dari ketauhidan, kemanusiaan, keadilan, kesetaraan, pembebasan, kesederhanaan, persaudaraan, keksatriaan, dan kearifan tradisi. Menurut Alissa, Glenn sudah berhasil menunjukkan semangat itu dalam laku kehidupannya.

"Glenn seorang spiritualis, ia sangat meyakini rahmat Tuhan. Dan dari keyakinan ini lahir kecintaan kepada manusia," kata Alissa.
 
Baca:Keluarga Keluarkan Pernyataan Resmi terkait Meninggalnya Glenn Fredly

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Koordinator Jaringan Nasional Gusdurian itu juga menceritakan tentang perjuangan Glenn dalam menumbuhkan prinsip keadilan sosial. Glenn, di mata Alissa, adalah satu dari sedikit orang yang berpikir kritis bahwa pemerataan nasional masih sangat perlu diperjuangkan.

"Glenn masih melihat nasib saudara-saudara di timur Indonesia sampai saat ini belum mendapatkan kesetaraan. Itu makanya, dia pernah menggelar konser 'Suara dari Timur' untuk mengangkat isu tersebut. Ia juga terlibat dalam film 'Beta Maluku' bersama Angga Sasongko," terang Alissa.

Film berjudul lengkap Cahaya Dari Timur: Beta Maluku tersebut menceritakan tentang bagaimana sepakbola bisa turt andil dalam meredam konflik antaragama di Ambon. Pada drama yang dirilis 2014 itu, Glenn berposisi sebagai produser.
 
Baca: Bambang Pamungkas hingga Sesmenpora Ucapkan Bela Sungkawa Atas Meninggalnya Glenn Fredly

Sebelumnya, Alissa mengunggah foto keakraban Glenn dengan istri Gus Dur, Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.

embed

Tangkapan layar postingan akun @alissa_wahid di Instagram

"Kaka @glennfredly309, Selamat jalan... Terimakasih atas segala yang kaka telah berikan pada bangsa ini. Hati & cintamu bagi Indonesia, dan bagi setiap manusia yang ada di dalamnya, sungguh tulus murni.. Beristirahatlah dalam damai, kaka. Selamat bertemu #GusDur, yang sama-sama kita cintai..," tulis Alissa melalui akun Instagram @alissa_wahid
 
Ucapan duka cita juga diposting akun resmi Instagram Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dengan memuji suara Glenn yang pernah bersenandung selawat, meskipun ia merupakan seorang Kristen yang taat.

"Selamat Jalan Glenn.. @glennfredly309 Lantunan sholawatmu menjadi saksi.. ada kasih putih yang abadi..," tulis akun @nahdlatululama itu.

embed

Tangkapan layar unggahan akun@nahdlatululama di Instagram


Glenn Fredly meninggal dunia pada Rabu, 8 April 2020, pukul 18.47 dalam usia 44 tahun di Rumah Sakit Setia Mitra, Cilandak, Jakarta Selatan akibat meningitis.


 

(SBH)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif