Kemenkes Usul Penambahan Peralatan Puskesmas Sajingan Besar

Dheri Agriesta 27 Mei 2018 22:07 WIB
menkes
Kemenkes Usul Penambahan Peralatan Puskesmas Sajingan Besar
Sekjen Kemenkes Untung Suseno Sutarjo - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Sambas: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengunjungi Puskesmas Sajingan Besar yang berada di perbatasan Indonesia dan Malaysia. Sekjen Kemenkes Untung Suseno Sutarjo menyoroti peralatan yang dimiliki puskesmas itu.

Puskesmas Sajingan Besar merupakan puskesmas ketiga yang dikunjungi Untung dalam dua hari ini. Untung sempat meninjau peralatan yang dimiliki puskesmas.

"Peralatan mungkin harus kita tambah, ada beberapa (peralatan) yang rupanya tidak dimasukkan dalam paket, harusnya satu paket. Nanti kita minta pemda melengkapi perlengkapannya," kata Untung usai peninjauan di Puskesmas Sajingan Besar, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Minggu, 27 Mei 2018.


Saat berkeliling, Untung menemukan beberapa peralatan yang tak sesuai standar kesehatan di puskesmas itu. Ia sempat menyoroti penggunaan bejana besi sebagai wadah pencucian di ruang bersalin.

Seharusnya, bejana itu tak lagi digunakan karena bisa menampung kuman dan bakteri. Ia menyarankan kepala puskesmas membuat wastafel.

Kebersihan memang menjadi perhatian Untung. Ia juga mengomentari noda darah yang mengering di beberapa rak di ruang bersalin.

"Ini juga tolong dibersihkan ya," kata Untung kepada petugas kesehatan.

Sekjen Kemenkes ini menegaskan, petugas kesehatan harus teliti dalam menjaga kebersihan. Karena, Puskesmas Sajingan Besar memiliki bangunan yang cukup bagus meski berada di perbatasan.

"Ini sayang, bangunan sudah elok begini, mestinya bersih lah orang jangan buang sampah sembarangan. Itu mungkin kita mesti tingkatkan pelaksanaannya biar lebih baik," jelas Untung.

Puskesmas Sajingan Besar menjadi penutup dalam rangkaian kunjungan Kementerian Kesehatan di perbatasan Indonesia Malaysia. Sebelumnya, Kemenkes mengunjungi Puskesmas Temajuk dan Puskesmas Paloh di Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat.



(JMS)