Dokumentasi Biro Pers Sekretariat Presiden
Dokumentasi Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi Cari Solusi Sengketa Tanah Bersama Pegiat Reforma Agraria

Nasional kasus tanah sengketa tanah presiden jokowi
Nur Azizah • 04 Desember 2020 10:06
Jakarta: Presiden Joko Widodo membahas solusi sengketa tanah bersama pegiat reforma agraria di Istana Negara, Jakarta Pusat. Masyarakat diharap merasakan betul manfaat program reforma agraria yang selama ini berjalan.
 
Pertemuan ini menindaklanjuti pertemuan sebelumnya pada 23 November 2020. Pertemuan ini merupakan bagian dari rapat maraton terkait reformasi agraria.
 
"Ini agar betul-betul nanti bisa terealisasi sehingga masalah-masalah yang berkaitan dengan reforma agraria bisa mengalami percepatan dan akselerasi dalam menyelesaikan (persoalan) yang belum-belum," kata Jokowi dalam  keterangan tertulis, Jakarta, Jumat, 4 Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan baik pemerintah maupun para pegiat mencari solusi bagi persoalan atau kendala yang dihadapi di lapangan. Selain memetakan masalah, pertemuan itu membahas target yang akan dicapai.
 
"Pertemuan ini yang pertama adalah mencari persoalan-persoalan yang menjadi prioritas dan yang kedua menggunakan timeline dengan target tertentu," ujar Moeldoko.
 
Baca: Kementerian ATR/BPN Tak Pandang Bulu Berantas Mafia Tanah
 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan A Djalil, menjelaskan pihaknya segera melakukan identifikasi terkait semua hal yang dibicarakan antara pemerintah dan para pegiat dalam pertemuan itu. Nantinya, pihaknya menyusun prioritas kerja untuk menyelesaikan hal-hal yang dapat segera diselesaikan terlebih dahulu.
 
"Kita akan identifikasi mana yang paling mudah kita selesaikan akan kita selesaikan sesegera mungkin sehingga begitu selesai ini kita punya kepercayaan diri dan menjadi model untuk menyelesaikan hal lain," kata Sofyan.
 
Turut hadir mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut, yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan Kapolri Jenderal Idham Azis.
 
Para pegiat yang hadir, yaitu Ketua Umum DPP Gerakan Masyarakat Perhutanan Sosial Siti Fikriyah, Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria Dewi Kartika, Ketua Badan Registrasi Wilayah Adat Kasmita Widodo, dan Sekretaris Umum Serikat Petani Indonesia Agus Ruli.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif