Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Dok. KPC PEN
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Dok. KPC PEN

Waspada! Masyarakat Jangan Termakan Hoaks Covid-19

Nasional Virus Korona hoax vaksin covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 06 Januari 2021 08:22
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta masyarakat berhati-hati dalam menyerap informasi soal covid-19 dan vaksin. Informasi yang beredar perlu dicek kebenarannya sebelum dibagikan kepada orang lain.
 
“Masyarakat perlu bijak dalam mengolah dan menerima informasi yang diterima,” tegas juru bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, saat dihubungi, Rabu, 6 Januari 2021.
 
Wiku menyebut salah satu misinformasi yang beredar belakangan ialah Italia menduga covid-19 bukan virus, melainkan bakteri. Narasi itu juga menulis Tiongkok sudah tahu obat covid-19, namun tidak diumumkan lantaran kepentingan bisnis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Perlu dipahami bahwa berita tersebut adalah hoaks,” tegas dia.
 
Wiku mengatakan covid-19 merupakan Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Penyakit itu disebabkan virus dan menular dari manusia ke manusia.
 
Masyarakat dinilai perlu proaktif melawan misinformasi atau hoaks yang beredar. Sehingga, tidak terjadi kepanikan bahkan meragukan kebenaran adanya covid-19.
 
“Turunkan hoaks dengan menyampaikan informasi yang benar pada orang-orang terdekat dari sumber yang bisa dipercaya kebenarannya,” papar dia.
 
Baca: BPOM: Vaksin Tekan Angka Kematian Akibat Covid-19
 
Sebelumnya, beredar narasi Italia membuktikan covid-19 merupakan kebohongan Tiongkok dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) demi bisnis alat kesehatan (alkes). Narasi ini beredar melalui pesan berantai WhatsApp.
 
Hoaks itu menyebut dokter di Italia melakukan autopsi terhadap jenazah korban covid-19. Dokter di Italia memastikan penyebab kematian bukan karena virus, tetapi bakteri.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif