Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Pakar: Vaksin Penting Tingkatkan Imunitas Tubuh

Nasional Virus Korona pandemi covid-19 vaksin covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 15 November 2020 09:21
Jakarta: Dokter Kepala Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Prikasih, Gia Pratama Putra, menyebut vaksin sangat penting meningkatkan tubuh. Termasuk vaksin covid-19 jika telah resmi didistribusikan untuk publik.
 
"Vaksin covid-19 adalah salah satu puzzle penting untuk meningkatkan imunitas tubuh kita," kata Gia dalam keterangan tertulis, Minggu, 15 November 2020.
 
Gia mengatakan fungsi vaksin covid-19 secara khusus ialah melindungi diri kita dari virus yang menyerang saluran pernapasan itu. Tubuh bakal lebih siap menghadapi virus yang masuk jika seseorang divaksin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gia menilai penanganan covid-19 Indonesia semakin baik melalui suplai dan distribusi obat telah mencukupi. Obat-obatan sudah didistribusikan ke-34 dinas kesehatan provinsi dan 779 rumah sakit di seluruh Indonesia.
 
Baca: Satgas: Jangan Sampai 8 Bulan Upaya Penanganan Covid-19 Sia-sia
 
Meski begitu, kata Gia, masyarakat tidak boleh terlena dengan ketersediaan obat bahkan pengembangan vaksin. Sebab, virus berbahaya itu masih ada dan masyarakat harus terus waspada.
 
Penerapan protokol kesehatan harus digencarkan supaya Indonesia segera bangkit. Caranya dengan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak (3M).
 
"Menjalankan protokol kesehatan 3M dengan disiplin akan efektif mencegah penularan virus covid-19," tegas Gia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif