Juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi. Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

10 Pasien Kasus Hepatitis Akut Masih Dirawat

Nasional penyakit menular kesehatan anak kemenkes Hepatitis Akut
Ferdian Ananda • 11 Mei 2022 17:36
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebut 10 pasien yang diduga terjangkit hepatitis akut masih dalam perawatan. Belum ada laporan detail terkait kondisi ke-10 pasien tersebut.
 
"Masih dalam perawatan ya. Kita belum ada laporan perubahan kondisi ya," kata juru bicara Kemenkes Siti Nadia Tarmizi kepada Media Indonesia Rabu, 11 Mei 2022.
 
Sementara itu, 5 pasien yang meninggal sebelumnya dilaporkan dari beberapa wilayah. Antara lain, DKI Jakarta, Jawa Timur, dan Sumatra Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sedangkan secara keseluruhan 15 kasus hepatitis akut terdeteksi di 5 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatra Barat, dan Bangka Belitung. Sebanyak 11 orang dari DKI Jakarta dan 1 orang masing-masing dari Sumatra Barat, Bangka Belitung, dan Jawa Barat.
 
Nadia menyebut para pasien sebagian besar masih dalam status suspek. Hanya empat yang bisa dikatakan sebagai pending klasifikasi. Dia mengatakan Kemenkes sejauh ini masih menunggu hasil genome sequencing untuk mengetahui jen is hepatitis dari 15 kasus tersebut.
 
"Pemeriksaan PCR untuk covid-19 dilakukan kepada sembilan pasien dan hasilnya negatif," kata dia.
 
Baca: KSP: 15 Kasus Terkait Hepatitis Akut Masih Suspek
 
Kemenkes telah melakukan lima penyelidikan epidemiologis. Namun, belum menemukan pola penyebaran penyakit tersebut.
 
Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan DKI Jakarta melakukan investigasi kontak untuk mengetahui faktor risiko terhadap kasus hepatitis akut pada Anak. Kemenkes juga mengimbau masyarakat agar melakukan deteksi dini, menerapkan protokol kesehatan, memastikan kesehatan dan sanitasi pribadi, cuci tangan dan tidak menggunakan alat makan bersama, serta segera ke rumah sakit atau puskesmas jika ada keluhan.
 
Penyakit hepatitis akut yang sedang melanda dunia diduga masuk ke Indonesia. Ini diketahui setelah tiga anak dilaporkan meninggal akibat terinfeksi penyakit misterius ini.
 
Kementerian Kesehatan sampai saat ini masih melakukan investigasi melalui pemeriksaan panel virus lengkap dan penyelidikan epidemiologi untuk mengetahui lebih lanjut penyebab dari penyakit tersebut.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif