Ilustrasi keamanan digital/Istimewa
Ilustrasi keamanan digital/Istimewa

Penciptaan Ekosistem Digital yang Kondusif Didukung

M Sholahadhin Azhar • 23 Maret 2022 05:38
Jakarta: Pemerintah berupaya menciptakan ekosistem digital yang kondusif. Upaya transformasi digital tersebut didukung R17 Group dengan penyediaan wadah untuk membahas isu-isu terkini.
 
"R17 Podcast Show merupakan wadah komunikasi dua arah untuk membahas isu-isu terkini mengenai perkembangan bisnis dan teknologi yang dituangkan dalam bentuk hybrid event," kata Deputy CEO R17 Group, Hengky Witarsa, melalui keterangan tertulis, Selasa, 22 Maret 2022.
 
Baca: Menkominfo Ajak Kepala Daerah hingga Nelayan Ikut Pelatihan Digital

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut dia, isu terkini mesti dibahas sebagai bahan penciptaan ekosistem digital yang kondusif. Sebab, belakangan kejahatan di dunia digital semakin meningkat. 
 
Mengutip data Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), 83 persen perusahaan di Tanah Air rentan diretas. Belum lagi fakta terkait 1,3 miliar serangan siber pada Januari-November 2021.
 
Hengky berharap wadah komunikasi yang disediakan pihaknya dapat memperkuat penciptaan ekosistem digital yang kondusif. "Diharapkan R17 Podcast Show bisa memberikan kontribusi untuk pertumbuhan dan keamanan siber di Indonesia," ujar dia.
 
Menurut Hengky, berbagai macam tantangan transformasi digital dibahas dalam agenda tersebut. Antara lain risiko perlindungan data pribadi, risiko strategi bisnis, risiko penyalahgunaan teknologi, risiko serangan siber, pemalsuan data dan literasi digital.
 
Dalam acara R17 Podcast Show ini hadir pembicara kompeten, antara lain Deputi Bidang Operasi Keamanan Siber & Sandi (BSSN), Brigjen TNI Dominggus Pakel. Sementara itu, Kepala Sub Direktorat Peningkatan Kapasitas Daerah, Kemendagri, L.Salaman Al Farisi mengisi diskusi panel.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif