Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Medcom.id/Triawati Prihatsari
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Medcom.id/Triawati Prihatsari

Simak 5 Fakta Kondisi Gibran Usai Terkonfirmasi Positif Covid-19

Cindy • 15 Juli 2021 15:21
Solo: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka terkonfirmasi positif covid-19 pada Rabu, 14 Juli 2021. Dia mengaku terpapar lantaran sering beraktivitas di tempat rawan covid-19. 
 
"Iya saya positif (covid-19). Beberapa waktu terakhir ini saya sering mengunjungi tempat-tempat yang agak rawan seperti RS, tempat isolasi, dan sentra vaksinasi," kata Gibran, Rabu, 14 Juli 2021. 
 
Berikut kumpulan fakta mengenai kondisi Gibran yang terjangkit covid-19. 

1. Hasil tes PCR positif pada 12 Juli 2021

Putra Presiden Joko Widodo itu mengetahui dirinya positif covid-19 usai menjalani tes polymerase chain reaction (PCR) di rumah sakit umum daerah (RSUD) Bung Karno, Solo. Hasil tes PCR menunjukkan positif pada Senin, 12 Juli 2021. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya kan rutin antigen dan kebetulan kemarin antigen saya negatif. Tetapi, saya tidak percaya dengan hasil itu kemudian saya suruh teman dari RSBK (RS Bung Karno) untuk PCR dan hasilnya positif," ungkap Gibran. 
 

2. Berstatus OTG

Gibran mengaku tidak merasakan gejala covid-19. Dia menyandang status orang tanpa gejala (OTG). 
 
Bahkan, dia mengatakan kondisinya masih sehat dan tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Namun, aktivitas di lapangan akan didelegasikan kepada Wakil Wali Kota Solo dan Sekretaris Daerah Kota Solo. 
 
"Saya aktif  setiap hari memimpin rapat secara daring dan sudah saya tekankan ke Pak Wakil Wali Kota dan Pak Sekda bahwa pelayanan publik tidak boleh putus," ujar dia. 
 
Baca: Gibran Rakabuming Raka Positif Covid-19
 

3. Keluarga negatif

Usai menyandang status positif covid-19, keluarga Gibran juga dites PCR. Hasil tes menunjukkan negatif covid-19. 
 
"Anak, istri, ajudan, serta sopir saya negatif semua," kata dia.
 

4. Isolasi mandiri

Gibran mengaku langsung memisahkan diri dan menjalani isolasi mandiri usai dinyatakan positif covid-19. Namun dia enggan menyebutkan tempat isolasi tersebut.
 
Gibran akan menjalani karantina mandiri sampai dinyatakan sembuh dari virus yang menyerang saluran pernapasan itu. Dia akan menunggu izin dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo Siti Wahyuningsih. 
 
"Sampai minggu depan isolasinya. Tunggu instruksi dari Bu Ning (Kepala Dinkes Solo) saja," kata dia. 
 

5. Mohon dukungan warga

Gibran meminta dukungan kepada seluruh warga Solo agar dia dapat segera sembuh dan beraktivitas seperti biasa. Dia juga mengimbau masyarakat tetap menjalani protokol kesehatan (prokes) guna terhindar dari covid-19. 
 
"Mohon dukungan dan doanya agar saya selalu diberikan kesehatan, mohon agar selalu mengikuti prokes, saya yakin kita bisa melewati ini semua," kata Gibran. 
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif