Ilustrasi obat. Medcom.id/M Rizal.
Ilustrasi obat. Medcom.id/M Rizal.

NDMA Dalam Ranitidin Tergolong Kontaminasi Alami

Nasional BPOM tarik ranitidin
Faisal Abdalla • 11 Oktober 2019 15:59
Jakarta: Cemaran N-Nitrosodimethylamine (NDMA) dalam obat tukak lambung dan tukak usus, Ranitidin, tergolong kontaminasi alami. Senyawa NDMA mudah ditemui di lingkungan sekitar manusia.
 
"Sebenarnya NDMA ini adalah evorimental containment (kontaminasi alami), yang umum ditemukan di lingkungan," kata Ketua Kajian Obat Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Rika Yuliwulandari dalam konferensi pers di kantor BPOM, Jakarta, Jumat, 11 Oktober 2019.
 
Rika menegaskan kontaminasi NDMA dalam Ranitidin bukan unsur kesengajaan manusia. Sebab senyawa NDMA memang mudah ditemukan di lingkungan sehari-hari, seperti daging, susu, dan air.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rika menambahkan kadar toksifikasi NDMA gampang diturunkan. Hal itu bisa dilakukan menggunakan penyinaran ultraviolet.
 
Terlepas dari cemaran NDMA, obat Ranitidin sebenarnya aman dikonsumsi. Rika menyebut jika sudah ditemukan solusinya, Ranitidin bisa dikonsumsi kembali.
 
"Ketika nanti proses pengolahan sudah memenuhi standar, Ranitidin bisa dipakai lagi di masyarakat tak masalah. Karena sebagai enviromental containment, gugus ikatan senywa N-N dari NDMA itu bisa dipecah sehingga toksisitasnya menurun hanya dengan pemaparan ultraviolet, atau kalau dalam air minum dengan reverseosmosis," ujarnya.
 
Rika menyebut NDMA memang bersifat karsinogen atau dapat memicu kanker. Akan tetapi dibutuhkan jumlah tertentu dan jangka waktu panjang untuk dapat menimbulkan kanker.
 
Rika mengapresiasi langkah BPOM sigap merespons temuan NDMA dalam Ranitidin. Dengan langkah ini, Rika berharap masyarakat tak perlu panik berlebihan.
 
"Harapan kami dengan langkah tepat dan cepat ini keresahan di masyarakat bisa diminimalisir, dari PB IDI kami akan menyebarkan tenaga kesehatan dokter-dokter di lingkungan PB IDI," ujarnya.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif