Ilustrasi uang. MI Ramdani
Ilustrasi uang. MI Ramdani

Lurah Tebet Timur Keluarkan Surat Imbauan Sedekah di Bulan Ramadan

Nasional DKI Jakarta Pemprov DKI BAZNAS Anies Baswedan Ramadan 2021
Kautsar Widya Prabowo • 21 April 2021 17:07
Jakarta: Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengeluarkan imbauan kepada warga untuk bersedekah di bulan Ramadan. Kegiatan bertema Map Gerakan Ramadan (Map Gar) itu sesuai seruan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
 
Imbauan itu beredar luas di jagat media sosial. Salah satunya, surat imbaun Map Ramadan yang ditandatangani Lurah Tebet Timur Siti Fauziah Ghozali.
 
"Kita buat (imbauan) itu kita serahkan ke RT. Nanti RT kumpulkan, nanti akan diserahkan langsung ke Baznas," ujar Siti kepada Medcom.id, Rabu, 21 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Siti menyebut imbaun tidak bersifat wajib. Imbauan ditujukan bagi masyarakat mampu dan mau menyumbang.
 
"Nanti hasilnya dikembalikan lagi ke warga, seperti bedah rumah, untuk buruh honorer, untuk anak yatim, petugas musala. Tapi yang mengelola itu Baznas bukan kelurahan," ujar dia.
 
(Baca: Ustad Yusuf Mansur: Allah Memberi Bobot Berlebih di Sedekah)
 
Sementara itu, Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Badan Amil Zakat Infak Shodaqoh (Baziz) Jakarta Selatan Yasdar menjelaskan kegiatan bertema Map Gerakan Ramadan (Map Gar) itu sesuai seruan Gubernur DKI Jakarta Nomor 3 Tahun 2021 tentang Gerakan Amal Sosial Ramadan Tahun 1442 hijriah. Ia menekankan gerakan itu tidak memaksa masyarakat mengelurkan dana.
 
"Kalau di masyarakat dapat infomasi dari kelurahan makasain, sampaikan ke saya. Karena sampai sekarang enggak ada penekanan ke warga. Kita enggak ada paksaan, enggak ada target, masyarakat harus gini-gini," jelas Yasdar saat dihubungi, Rabu, 21 April 2021.
 
Berikut surat edaran yang ditandatangani Lurah Tebet Timur Siti Fauziah Ghozali:
 
1. Diimbau kepada umat Islam untuk mensucikan hartanya melalui amal sosial di bulan Ramadan, di mana amal di bulan Ramadan ini pahalanya akan dilipatgandakan dari bulan lainnya
2. Kepada ketua RT dimohon bantuannya untuk dapat menyampaikan/mengedarkan Map Ramadan kepada seluruh warganya sebagaimana terlampir
3. Hasil pengumpulan Map Ramadan nantinya akan disalurkan melalui Program Pemberdayaan Baznas Bazis kepada guru ngaji, petugas masjid/musala, guru honorer madrasah/sekolah, guru TPA/TKA/TPQ, anak yatim/piatu dan dhuafa
4. Hasil dari pengumpulan Map Ramadan dimaksud paling lambat tiga hari sebelum Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 H/2021 M ke Seksi Kesra Kelurahan Tebet Timur.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif