Pemuka Agama Diminta Perluas Wawasan Umatnya

Achmad Zulfikar Fazli 16 Mei 2018 15:17 WIB
terorismeTeror Bom di Surabaya
Pemuka Agama Diminta Perluas Wawasan Umatnya
Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar.
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta pemuka agama untuk menanamkan pengetahuan luas tentang agama kepada umatnya. Hal ini menyusul terjadinya rentetan aksi teror di sejumlah daerah.
 
"Selain meminta doa, beliau (Presiden Jokowi) juga meminta kita memberikan wawasan yang luas kepada umatnya masing-masing," kata Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar usai bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018.
 
Umar mengatakan Jokowi yakin seseorang akan arif dan bijaksana jika pemahaman keagamaannya besar. Apalagi, tantangan terhadap bangsa dan negara juga semakin besar.
 
"Jadi yang kita perlukan sekarang adalah kearifan dalam rangka menghadapi tantangan di masa datang," ucap dia.
 
Para pemuka agama juga menyampaikan kepada Jokowi agar mengingatkan kembali masyarakat mengenai sejarah kemerdekaan. Hal itu untuk menumbuhkan kembali rasa cinta kepada bangsa dan negara.
 
"Kita mengingatkan politik sejarah masa lampau, kita sama-sama sebagai warga bangsa, sehidup sependeritaan, sampai menjadi sebuah negara yang sangat ideal seperti ini. Mari kita merawat bersama, merawat kebhinekaan dan sejarah masa lampau. Jangan kita menodai sejarah bangsa dengan cara yang tidak terpuji," terang dia.

Baca: Paham Radikalisme Belum Hilang

Terkait sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang kembali dari Suriah ke Indonesia, Nasaruddin yakin aparat keamanan bisa mengatasinya. Sehingga, mereka tak terlibat aksi teror.
 
"Insyaallah aparat berwenang punya konsep dan lebih siap. Kami yakin aparat kita lebih siap dengan segala macamnya," kata dia.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id