Laksamana (Purn) Marsetio (kiri) saat dikukuhkan sebagai guru besar Unhan. Foto: Kementerian Pertahanan
Laksamana (Purn) Marsetio (kiri) saat dikukuhkan sebagai guru besar Unhan. Foto: Kementerian Pertahanan

Unhan Buka Program Studi Doktoral

Nasional pertahanan keamanan Pendidikan Tinggi
26 Juli 2018 14:34
Jakarta: Universitas Pertahanan (Unhan) membuka program studi doktoral atau strata tiga. Pembukaan program ini berbarengan dengan pengukuhan profesor kedua bidang ilmu pertahanan, yakni Laksamana (Purn) Marsetio.
 
"Ini adalah capaian yang sistematis dalam rangka mewujudkan Unhan sebagai World Class Defense University pada 2024," demikian siaran pers yang diterima Medcom.id, Kamis, 26 Juli 2018.
 
Menteri Pertahanan Jenderal (Purn) Ryamizard Ryacudu berharap Unhan bisa memperlebar kontribusi hingga ke tingkat internasional. Kontribusi ini menuntut Unhan untuk lebih banyak lagi menghasilkan guru besar di masa mendatang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kelak Unhan beserta jajaran guru besarnya harus bisa menjadi center of excellence (pusat layanan unggulan) untuk defense studies (studi ilmu pertahanan) dan defense technologies (teknologi pertahanan) pada era Revolusi Industri 4.0," katanya.
 
Sejak 2009 Unhan telah menghasilkan dua profesor ilmu pertahanan. Profesor pertama adalah Presiden keenam RI Jenderal (Purn) Susilo Bambang Yudhoyono. Disusul kemudian Laksamana (Purn) Marsetio yang dikukuhkan hari ini.
 
Upacara pengukuhan Marsetio sebagai guru besar berlangsung melalui sidang senat terbuka di Gedung AH Nasution Kementerian Pertahanan, Jakarta.
 
Unhan berharap pengukuhan guru besar ini bisa memperkokoh peta jalan pengembangan ilmu pertahanan melalui berbagai penelitian.
 
Dalam orasi ilmiahnya, Marsetio banyak membahas teori-teori keamanan maritim ditinjau dari pendekatan budaya dan teknologi. Oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi bidang ini ditetapkan sebagai ilmu pertahanan bidang budaya teknologi kemaritiman.
 

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif