Presiden Jokowi. Foto: Mi/Ramdani
Presiden Jokowi. Foto: Mi/Ramdani

Jokowi: Pemerintah Serius Ingin Turunkan Angka Stunting

Imanuel R Matatula • 25 Januari 2023 22:37
Jakarta: Stunting beberapa tahun terakhir menjadi perhatian serius pemerintah, baik pusat hingga daerah. Keseriusan pemerintah menurunkan angka stunting di Indonesia dapat dilihat dari adanya Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting.
 
Pasal 1 Perpres No. 72 Tahun 2021 menjelaskan “Stunning adalah gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang, yang ditandai dengan panjang atau tinggi badannya berada di bawah standar yang ditetapkan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan.”
 
Berdasarkan data Kementerian Kesehatan jumlah penderita stunting di Indonesia pada akhir 2022 mencapai 21,26 persen. Sedangkan target pemerintah yaitu 14 persen pada 2024. Hal tersebut tertuang dalam Pasal 5 Ayat 1 Perpres Nomor 72 Tahun 2021.
 
Baca jalan: Presiden Tegaskan Persoalan Stunting Mesti Diselesaikan

Angka tersebut dinilai Presiden Joko Widodo masih jauh dari target di 2024. Menurut Kepala Negara, kekurangan gizi kronis bisa membawa dampak buruk yang sangat fatal. Itu tidak hanya membuat para penderitanya mengalami gangguan kesehatan tetapi juga membuat negara kehilangan kemampuan untuk berkompetisi di dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dampak stunting ini bukan hanya urusan tinggi badan. Yang paling berbahaya adalah rendahnya kemampuan anak untuk belajar, keterbelakangan mental, dan munculnya penyakit-penyakit kronis yang gampang masuk ke tubuh anak," tutur Jokowi.
 
Kegiatan prioritas pemerintah untuk menurunkan angka stunting yaitu penyediaan data keluarga berisiko stunting, pendampingan keluarga berisiko stunting, pendampingan semua calon pengantin/calon Pasangan Usia Subur(PUS), surveilans keluarga berisiko stunting, dan audit kasus stunting.
 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif