Presiden Jokowi di tengah-tengah pegawai pabrik sepatu Nike di Tangerang, Banten. (Foto: Medcom.id/Damar Iradat)
Presiden Jokowi di tengah-tengah pegawai pabrik sepatu Nike di Tangerang, Banten. (Foto: Medcom.id/Damar Iradat)

Keakraban Jokowi dengan Buruh Jelang May Day

Nasional hari buruh presiden jokowi berita kemenaker
Damar Iradat • 30 April 2019 13:58
Jakarta: Presiden Joko Widodo meninjau pabrik sepatu di PT KMK Global Sports I, Talagasari, Cikupa, Tangerang, Banten, pada Selasa, 30 April 2019. Peninjauan Jokowi dilakukan satu hari sebelum peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day yang jatuh pada 1 Mei 2019 besok.
 
Mengenakan kemeja putih dan celana hitam, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, serta Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. Dalam kunjungannya, kepala negara langsung menuju ke lokasi produksi sepatu Nike.
 
Kehadiran Jokowi langsung disambut para operator produksi sepatu Nike yang tengah bekerja. Mereka berebut bersalaman dan berswafoto bersama orang nomor satu di Indonesia itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi sesekali melayani permintaan para operator produksi untuk berswafoto. Ia juga tampak mengambil telepon selular dari para operator produksi yang ingin berswafoto dengan dirinya.
 
Dalam kesempatan itu, Jokowi juga ikut makan siang bersama para operator produksi. Ia ikut diberikan makanan seperti nasi beserta lauknya; telur rebus, tempe, sayur sop, dan buah salak.
 
Usai santap siang, Jokowi mengakui jika makanan yang diberikan perusahaan sudah mencukupi asupan gizi. "Makan siang ada tempe, telur, dan sayur. Secara gizi dan nutrisi sudah bagus," kata Jokowi.
 
Baca juga:Rekayasa Lalin saat Peringatan Hari Buruh
 
Jokowi juga sempat berbincang dengan para operator produksi. Ia mengaku sudah mengantongi sejumlah keluh kesah para buruh.
 
Sebelumnya, Jokowi juga telah menerima sejumlah perwakilan serikat pekerja Indonesia di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat, 26 April 2019. Ada pun, serikat kerja yang hadir di antaranya; Presiden KSPSI Andi Gani Nuwa Wea, Presiden KSPI Said Iqbal, Ketua Umun KPBI Ilhamsyah, Ketua Umum SBMI Syaiful, Presiden KSN Muchtar Guntur, dan Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta Wiliam Yani.
 
Jokowi mengatakan ada dua hal yang dibicarakan dalam pertemuan itu. Salah satunya yakni berkaitan dengan pelaksanaan May Day.
 
"Semuanya sepakat bahwa peringatan hari buruh akan dilakukan dengan kegiatan-kegiatan yang baik, yang memberikan ketenangan dan damai. Sehingga, kita harapkan rakyat juga ikut merasakan kegembiraan dalam merayakan hari buruh minggu depan," kata Jokowi di Istana Bogor, Jumat, 26 April 2019.
 
Kemudian, Jokowi juga menyebut pemerintah telah sepakat merevisi Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan. Menurut dia, dengan revisi PP, jangan sampai ada yang merasa dirugikan dengan hal tersebut.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif