Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jambi Rudiansyah. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)
Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jambi Rudiansyah. (Foto: Medcom.id/Ilham Pratama)

Buruh Sawit di Muaro Jambi Terimbas Konflik Agraria

Nasional konflik agraria
Ilham Pratama Putra • 21 Februari 2019 16:15
Jakarta: Konflik agraria di Muaro Jambi, Jambi, terus berlanjut. Tak hanya bermasalah dengan lahan masyarakat, buruh sawit di PT Bukit Bintang Sawit (PT BBS) juga terintimidasi.
 
"Masyarakat ada yang bekerja di sana, tapi mereka diintimidasi tidak boleh lakukan perlawanan. Kalau melawan mereka dipecat," kata Direktur Eksekutif Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jambi, Rudiansyah di kantor Walhi, Jakarta Selatan, Kamis 21 Februari 2019.
 
Rudiansyah mengatakan sejak 2015 setidaknya ada tiga mandor yang dipekerjakan PT BBS namun kemudian dipecat. Hal itu diperparah dengan tidak adanya upaya perusahaan memberikan pesangon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga: Walhi Yakin Jokowi Mampu Menuntaskan Konflik Agraria
 
Ia menyebut saat ini tersisa 30 buruh yang masih terus bertahan. Walhi menilai para buruh bertahan lantaran tidak memiliki pilihan.
 
"Selain tak punya pilihan mereka juga kerja tanpa standar. (Upah) Rp50 ribu sehari. Tak ada jaminan sama sekali seperti kesehatan bahkan sistemnya sangat tidak baik," kata dia.
 
Lebih lanjut Rudi menambahkan konflik agraria antara masyarakat dan PT BBS pun telah berlangsung selama 12 tahun. Walhi bersama masyarakat pun menggelar aksi dan saat ini telah memasuki hari kelima.
 
Dalam konflik ini setidaknya 495 kepala keluarga (KK) kehilangan tanahnya seluas 1.373,4 hektare di Muaro Jambi, Desa Seponjen, Dusun Pulao Tigo, Desa Sogo, dan Kelurahan Tanjung menjadi daerah terdampak penguasaan lahan PT BBS. Penguasaan lahan dinilai ilegal sebab Hak Guna Usaha dimiliki PT BBS berasal dari pembakaran lahan yang dilakukan perusahaan sawit tersebut.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif