Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti (Foto:Dok.DPR RI)
Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti (Foto:Dok.DPR RI)

DPR Tetap Produktif di Tengah Pandemi Covid-19

Nasional skk migas disrupsi digital
Gervin Nathaniel Purba • 08 Oktober 2020 11:38
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat masyarakat harus membatasi pertemuan, termasuk saat kegiatan rapat. Hal itu juga berlaku di DPR. Walau demikian, DPR tetap produktif menjalankan tugas dan fungsinya.
 
"DPR tetap produktif selama pandemi covid-19," ujar Anggota Komisi VII DPR RI Dyah Roro Esti, pada webinar Kalsul Series #6 SKK Migas-KKKS Kalimantan dan Sulawesi, dengan tema Media Digital, Kini, dan Tantangan Masa Depan, Rabu, 7 Oktober 2020.
 
Dalam pelaksanaan rapat di DPR, Dyah menjelaskan pertemuan fisik dibatasi satu orang per fraksi. Sisanya mengikuti rapat secara virtual, termasuk para mitra kerja (kementerian).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pembatasan pertemuan fisik juga berlaku ketika para anggota DPR melakukan kunjungan kerja ke daerah pemilihan (dapil) masing-masing pada masa reses. Mendengarkan aspirasi masyarkat dilakukan secara virtual dalam beberapa kesempatan.
 
"Serapan aspirasi masyarakat biasanya dilakukan secara fisik. Saya senang melakukan ini ketika reses bertemu masyarakat dengan niat dan mengingatkan kembali aspirasi yang patut diperjuangkan di DPR," ujarnya.
 
Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya pada masa pandemi covid-19, anggota dewan memaksimalkan berbagai platform digital. Misalnya, mengandalkan Zoom untuk rapat bersama pemerintah, pakar akademis, masyarakat, dan pengusaha.
 
DPR juga kerap mengandalkan media yang dimiliki dan media mainstream dalam memaksimalkan tugas dan fungsi DPR. Peran media sangat penting untuk menyampaikan pesan kepada publik.


Dukungan Legislator terhadap Media


DPR selalu mendorong kinerja media dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat. Media memiliki peran penting dalam menyajikan informasi dengan beragam sudut pandang.
 
"Pada dasarnya, kami sangat mendukung dengan kinerja media saat ini," kata Dyah.
 
Politikus Golkar itu mengajak para awak media untuk berdapatasi pada situasi pandemi ini. Pandemi covid-19 telah mengubah seluruh aspek kehidupan, seperti cara berbisnis, cara bekerja, cara berjualan, dan sebagainya.
 
"Kita perlu berinovasi dalam menghadapi perubahan gaya hidup saat ini. Mungkin perlu dilihat dari karakteristik permintaannya seperti apa. Apakah masih ada yang suka baca koran pada masa kehadiran media digital seperti saat ini. Sebab, beberapa orang masih ada yang suka baca koran," kata Dyah.
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif