Ilustrasi. Helikopter milik TNI AD. (ANT/ADITYA PRADANA PUTRA)
Ilustrasi. Helikopter milik TNI AD. (ANT/ADITYA PRADANA PUTRA)

Besok, Pencarian Helikopter Hilang Kontak Dilanjutkan

Nasional helikopter hilang kontak
Antara • 29 Juni 2019 15:54
Sentani: Pencarian helikopter MI 17 dengan nomor registrasi HA-5138 akan dilanjutkan pada Minggu, 30 Juni 2019, pagi. Namun, keadaan cuaca akan tetap jadi pertimbangan.
 
"Untuk besok kita harapkan kita bisa lebih siap lagi, untuk penerbangan pencarian melalui udara. Mungkin direncanakan akan berangkat lebih pagi," kata Wakapendam XVII Cenderawasih Letkol Inf Dax Sianturi di Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu, 29 Juni 2019.
 
Sianturi menjelaskan, untuk kondisi cuaca di lokasi pencarian, kawasan Oksibil cepat berubah pada siang hari. Sehingga bisa menyulitkan pencarian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Yang jelas di daerah pegunungan sana setelah pukul 12.00 WIT itu, cuaca sangat cepat berubah, umumnya diliputi kabut tebal dengan angin yang cukup kencang dan terus berubah-ubah," bebernya.
 
Sianturi menerangkan, pihaknya terpaksa menghentikan sementara pencarian helikopter MI 17 dengan nomor registrasi HA-5138, pada Sabtu, 29 Juni 2019, pagi, karena cuaca buruk. Sebanyak dua unit Helli Bell dikerahkan untuk mencari helikopter yang hilang kontak, pada Jumat, 28 Juni 2019.
 
Baca:Tim SAR Terkendala Cuaca Buruk di Oksibil
 
Selain pihaknya, helikopter MD-500 milik sipil juga berangkat dari Wamena untuk membantu pencarian. Juga pesawat jenis Caravan milik sipil dari Tanah Merah, Boven Digoel, turut membantu pencarian.
 
Namun, kedua bantuan itu terpaksa harus kembali ke daratan karena terkendala cuaca buruk. Pesawat CN235 milik tim SAR yang diterbangkan menuju Oksibil, untuk pencarian pun harus menghentikan sementara pencarian karena cuaca buruk.
 
Helikopter MI 17 milik militer hilang kontak sejak Jumat, 28 Juni 2019, sekitar pukul 11.49 WIT. Helikopter MI 17 dengan nomor registrasi HA-5138 itu membawa 12 penumpang beserta kru, yang sebelumnya terbang ke Okbibab untuk mengirimkan logistik ke prajurit yang bertugas di wilayah tersebut.
 
Baca:Pencarian Helikopter Hilang Kontak Dihentikan Sementara
 
Adapun nama awak helikopter yaitu Kapten CPN Aris (pilot), Lettu CPN Bambang (pilot), Lettu CPN Ahwar (co pilot), Serka Suriyatna, Serda Dita, Praka Dwi Purnomo dan Pratu Aharul.
 
Sedangkan penumpang yang merupakan anggota Yonif 725/WRG yaitu Serda Ikrar Setya Nainggolan, Pratu Yanuarius Loe, Pratu Risno, Prada Sujono Kaimuddin dan Prada Tegar Hadi Sentana.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif