Jokowi Diminta Terapkan Satu Desa Satu Perawat

Achmad Zulfikar Fazli 04 Desember 2018 16:47 WIB
kesehatanperawat
Jokowi Diminta Terapkan Satu Desa Satu Perawat
Presiden Joko Widodo dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Jakarta: Presiden Joko Widodo diminta menerapkan program satu desa satu perawat. Program tersebut dapat menggunakan dana desa agar kesehatan seluruh warga, khususnya di perdesaan, terjamin.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Harif Fadhillah, saat diterima Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta.

"Kami mengusulkan adanya kebijakan penempatan perawat di desa dan kelurahan. Untuk mendukung hal tersebut kami pahami ada juga instrumen yang lain yaitu dana desa yang dapat dialokasikan untuk mendukung kegiatan penempatan perawat di desa tersebut," ujar Harif, Selasa, 4 Desember 2018.


Harif mengatakan PPNI akan mendukung segala program yang termaktub dalam Nawa Cita Jokowi-Jusuf Kalla. Apalagi, dalam program tersebut ada upaya preventif untuk mempercepat peningkatan derajat kesehatan masyarakat. 

Dia juga meminta perawat diberikan tempat dalam struktur yang ada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Dengan begitu, perawat juga bisa ikut menentukan arah kebijakan strategis.

Harif mengapresiasi diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Dengan adanya aturan itu, perawat yang masih honorer mendapat kejelasan status.

"PPNI sangat mendukung program jaminan kesehatan nasional dan implementasi BPJS. Walaupun masih defisit, tapi kami lihat program ini sudah baik," ucap dia.

Harif juga mengusulkan agar BPJS dievaluasi. Hal itu dapat dilakukan dengan merevisi aturan pembagian jasanya, sehingga memberikan keadilan yang wajar bagi masyarakat 

"Karena kami masih melihat ketimpangan yang sangat jauh antartenaga kesehatan," kata dia.





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id