Peringati Sumpah Pemuda

Relawan Gojo Luncurkan Kisah Superhero Indonesia

M Sholahadhin Azhar 28 Oktober 2018 22:51 WIB
sumpah pemuda
Relawan Gojo Luncurkan Kisah Superhero Indonesia
Tangkapan layar video superhero Indonesia di akun Instagram Gojo. (Ist)
Jakarta: Relawan Golkar Jokowi (GoJo) memiliki cara unik memperingati Hari Sumpah Pemuda. Dalam laman Instagram, @relawangojo merilis video mengisahkan superhero Indonesia yang siaga untuk melawan musuh.

Dalam video, para pahlawan super itu malah menghadapi masyarakat yang adu debat dan terlarut dalam perbedaan. Akhirnya mereka mengingatkan masyarakat untuk menempatkan persatuan di atas segala perbedaan.

"Ini adalah edukasi politik yang kami kemas secara sederhana dengan menggunakan sentuhan-sentuhan lokal dalam bingkai semangat persatuan Bhineka Tunggal Ika," kata Direktur Media Relawan GoJo Amalia Kartika melalui pesan tertulis, Minggu, 28 Oktober 2018.


Menurutnya, video ini merupakan strategi komunikasi GoJo yang ingin menyatakan bahwa Indonesia itu satu. Indonesia tidak boleh terpecah-belah meski ada perbedaan pendapat. 

Pahlawan super seperti Gatot Kaca, Wiro Sableng, Si Buta dari Gua Hantu, dikatakan Amalia sebagai representasi kekuatan Indonesia. Para pahlawan itu ingin menyadarkan masyarakat bahwa musuh terbesar Indonesia adalah perpecahan.

"Tema pahlawan yang GoJo angkat ini, agar kita tidak melupakan jasa para pahlawan-pahlawan yang sudah memperjuangkan satu tanah air," kata Amalia.

Ia menyebut, video iklan ini menjadi viral di media sosial karena skenario dan para pemain dibuat secara apik. Lengkap dengan unsur komedi yang dikombinasikan dengan kondisi sosial politik dalam alur ceritanya.

Ia berharap, iklan ini bisa menginspirasi bangsa Indonesia akan semangat sumpah pemuda supaya tak terjadi perpecahan. Terlebih pada 2019 akan menyelenggarakan pesta demokrasi Pileg dan Pilpres 2019.

Sejumlah netizen di media sosial merespon positif iklan GoJo ini, mereka menganggap video ini iklan politik komedi yang mencerdaskan.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id