Kepala Lembaga Biomolekuler Eijkman Institute Amin Soebandrio. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Kepala Lembaga Biomolekuler Eijkman Institute Amin Soebandrio. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Eijkman Targetkan Vaksin Merah Putih Peroleh EUA pada Kuartal III 2022

Nasional Virus Korona Riset dan Penelitian kemenkes vaksin covid-19 Satgas Covid-19 Vaksin Merah Putih Vaksin Slank untuk Indonesia
Atalya Puspa • 18 September 2021 17:26
Jakarta: Lembaga Biomolekuler Eijkman menargetkan vaksin Merah Putih yang dikembangkan mendapat emergency use authorization (EUA) pada kuartal III 2022. EUA diberikan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
 
"Mudah-mudahan, jika uji klinis fase 3 selesai, atau sebelum uji klinis fase 3 selesai tahun depan, kalau hasilnya sudah baik bisa mendapatkan EUA. Kuartal III 2022 ditargetkan sudah bisa mendapatkan EUA," kata Amin dalam acara Wealth Wisdom 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Sabtu, 18 September 2021.
 
Amin membeberkan pihaknya telah berhasil menyelesaikan fase research and development vaksin Merah Putih. Dengan demikian, bibit vaksin sudah berhasil dibuat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat ini pihaknya tengah berproses melakukan transisi bibit vaksin ke industri. Dalam hal ini industri farmasi yang bekerja sama dengan Eijkman untuk pengembangan vaksin, yakni PT Bio Farma.
 
"Sekarang masih proses scalling up, optimasi, dan upgrading gear," ucap Amin.
 
Proses selanjutnya melakukan uji praklinik, yakni uji coba pada hewan, yang ditargetkan rampung pada akhir 2021. Selanjutnya, uji klinik fase 1 sampai 3 diharapkan bisa dimulai pada awal 2022 dengan jangka waktu 8 hingga 9 bulan.
 
Dia juga memastikan vaksin Merah Putih mampu mencegah virus covid-19 dengan berbagai varian yang berkembang saat ini.
 
"Sesuai dengan pedoman WHO, bahwa selama efikasi vaksin di atas 50 persen masih dianggap efektif. Dan kita masih tetap mengembangkan vaksin yang di awal sudah kita rencanakan dan berharap bisa mengcover semua varian yang ada," tutur Amin.
 
Baca: Vaksin Merah Putih Diharapkan Lampaui Capaian Herd Immunity 70%

Vaksin untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20.05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
 
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif