Jozeph Paul Zhang tak lagi bersatus sebagai WNI (Foto: YouTube)
Jozeph Paul Zhang tak lagi bersatus sebagai WNI (Foto: YouTube)

Kemenkumham Bongkar Kebohongan Paul Zhang soal Pelepasan Status WNI

Nasional media sosial polri polisi indonesia Penegakan Hukum Penodaan Agama
Patrick Pinaria • 20 April 2021 17:55
Jakarta: Salah satu Youtuber bernama Jozeph Paul Zhang merasa tidak lagi berstatus warga negara Indonesia (WNI). Karena itu, ia sangat percaya diri tidak akan tersentuh oleh pihak kepolisian Indonesia.
 
Keyakinan Paul Zhang soal melepas statusnya dari WNI dibantah pihak Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI. Menurutnya, pria yang bernama asli Shindy Paul Soerjomoeljono belum melakukan permohonan pelepasan status WNI secara resmi.
 
"Kalau dari data belum ada," kata Direktur Tata Negara Direktorat Jenderal (Ditjen) Administrasi Hukum dan Umum (AHU) Kemenkumham Baroto, saat dihubungi di Jakarta, Selasa, 20 April 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, kepastian Paul Zhang masih berstatus WNI diungkapkan oleh Kabag Penum Divisi Humas Mabes Polri Kombes Ahmad Ramadhan. Ia memastikan tidak ada jejak pencabutan kewarganegaraan Indonesia oleh Paul Zhang.
 
"Artinya (Jozeph) masih berstatus WNI yang memiliki hak dan kewajiban mengikuti aturan hukum yang berlaku," tegas Ahmad.
 
Paul Zhang sedang menjadi buronan Polri. Sebab, ia mengungkapkan pernyataan kontroversi yang menyinggung agama Islam.
 
Ucapan kontroversialnya itu diungkapkan Paul Zhang melalui video di akun YouTube miliknya. Saat itu, ia mengaku sebagai nabi ke-26 dan menghina Nabi Muhammad SAW.
 
Gara-gara pernyataannya, Paul Zhang terjerat kasus dugaan penistaan agama. Ia pun terancam kurungan maksimal 6 tahun atau denda paling banyak Rp1 miliar karena pernyataannya di video itu dinilai melanggar Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) sebagaimana diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Pasal 28 Ayat (2) juncto Pasal 45A.
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif