Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan layanan KA Bandara-Stasiun Manggarai - Medcom.id/Husen Miftahudin.
Menhub Budi Karya Sumadi meresmikan layanan KA Bandara-Stasiun Manggarai - Medcom.id/Husen Miftahudin.

Layanan KA Bandara-Stasiun Manggarai Resmi Dibuka

Nasional kereta bandara
Husen Miftahudin • 05 Oktober 2019 17:50
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meresmikan pengoperasian layanan Kereta Api (KA) Bandara di Stasiun Manggarai. KA Bandara siap melayani perjalanan masyarakat ke Bandara Soekarno Hatta melalui Stasiun Manggarai atau sebaliknya.
 
"Alhamdulillah hari ini kita sudah melakukan perjalanan pertama dari Manggarai menuju ke Bandara. Ini satu service yang bagus dari Railink, oleh karenanya saya ucapkan selamat," ujar Budi saat melepas perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai, Jalan Manggarai Utara, Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu, 5 Oktober 2019.
 
Perjalanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai dimulai pada pukul 05.10 WIB, sementara dari Bandara Soekarno Hatta dimulai pada pukul 06.20 WIB. Total perjalanan KA Bandara setiap harinya dari Stasiun Manggarai dan sebaliknya berjumlah 68 perjalanan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Perjalanan dari Manggarai menuju ke Bandara juga kurang dari satu jam. Kurang lebih sekitar 47-50 menit," urainya.
 
Penumpang KA Bandara pun menyambut antusias layanan KA Bandara dari Stasiun Manggarai. Usai berbincang dengan para penumpang, Budi menyebut pengguna jasa moda transportasi ini merasakan dampak positif karena menambah opsi transportasi ketika hendak menuju ke Bandara Soekarno Hatta.
 
"Mereka merasakan kalau dari Mangarai ini berarti point to point. Artinya, bukan saja penumpang dari Manggarai tapi juga penumpang dari Bekasi, Depok, Cikarang pun itu sentralnya di Manggarai," jelas dia.
 
Untuk saat ini, tarif tiket KA Bandara dari Stasiun Manggarai sebesar Rp40 ribu setiap perjalanan. Harga tiket tersebut merupakan harga promo selama akhir Oktober 2019 nanti. Pengelola KA Bandara akan menyesuaikan harga tiket setelah masa promo berakhir.
 
KA Bandara sebelumnya hanya melayani sampai kawasan Dukuh Atas dengan akses melalui Stasiun Sudirman Baru (BNI City) dan Stasiun Duri. Beroperasinya KA Bandara dari Stasiun Manggarai diharapkan bisa meningkatkan okupansi (tingkat keterisian penumpang) hingga lebih dari 50 persen.
 
"Saya harapkan dengan tambahan service ini, okupansi daripada Railink meningkat dan kita bisa memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat," pungkas Budi.
 

(JMS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif