Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Arga Sumantri/Medcom.id
Ketua DPR Bambang Soesatyo. Foto: Arga Sumantri/Medcom.id

Bamsoet Dorong Pejabat Negara Menggunakan Mobil Listrik

Nasional Mobil Dinas Menteri
Damar Iradat • 24 Agustus 2019 15:58
Jakarta: Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong pejabat beralih menggunakan mobil listrik ketimbang mobil dinas baru. Penggunaan mobil listrik juga akan membantu mengurangi polusi udara.
 
"Pejabat harus memberikan contoh kepada publik, masyarakat, sudah saatnya mulai hari ini kendaraan berbahan bakar minyak itu harus migrasi ke listrik agar secara polusi makin ramah lingkungan," kata Bamsoet di Jakarta, Sabtu, 24 Agustus 2019.
 
Bamsoet mengatakan DPR telah menyetujui pagu anggaran mobil dinas sekitar Rp147 miliar. Anggaran itu tercantum dalam daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) 2019 Kemensetneg dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang pemerintah (tinggal) eksekusi apa yang jadi kesepakatan yang telah disetujui DPR tentang hal penggunaannya," ujar dia.
 
Pengadaan mobil dinas baru untuk menteri Jokowi pada periode kedua ramai diperbincangkan publik. Informasi ini diketahui dari tender pengadaan kendaraan menteri/pejabat setingkat menteri yang dimuat laman resmi Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE). Tender pengadaan ini dilakukan sejak 19 Maret 2019.
 
Kabarnya, mobil dinas baru berjenis Toyota Crown Hybrid. Mobil itu diklaim ramah lingkungan.
 
Dalam laman tersebut, pagu yang disiapkan pemerintah sebesar Rp152,5 miliar, bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Nilai harga perkiraan sendiri (HPS) Rp147,3 miliar.
 
Sebanyak 41 perusahaan mengikuti tender pengadaan mobil dinas baru tersebut. Di antaranya yakni PT Agung Automall, PT Astra Internasional Tbk-Tso, PT News Ratna Motor, PT Hadji Kalla.
 
Tender dimenangkan PT Astra Internasional Tbk-Tso dengan harga Rp147,2 miliar. Menurut LPSE, semua tahapan lelang tender sudah terlewati, mulai dari pembuktian kualifikasi hingga penandatangan kontrak.
 
Sementara itu, Jokowi akan menggunakan dua mobil dinas baru pada periode kedua pemerintahannya. Mobil tersebut bermerek Mercedes Benz S600 Guard.
 
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menyebut kendaraan VVIP itu akan datang akhir tahun ini. Kendaraan tersebut akan menunjang pekerjaan Jokowi yang gemar blusukan ke berbagai wilayah di Indonesia.

 

(AZF)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif