Pemprov DKI Bakal Evaluasi Flyover Pancoran
Sejumlah kendaraan melintas di samping lokasi pembangunan jalan layang Pancoran, Jakarta. (ANT/Sigid Kurniawan)
Jakarta: Besok, Senin, 15 Januari 2018 flyover Pancoran bakal diuji coba. Pemprov DKI Jakarta akan mengevaluasi fasilitas jalan layang itu.

"Selalu ada evaluasi. Kita akan terus evaluasi secara periodik," kata Wakil Gubernur Jakarta Sandiaga Uno di Jalan Layang Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu, 14 Januari 2018.

Ia memaparkan pembangunan jalan layang ini diperkirakan mampu mengurangi macet 15 hingga 17 persen. Sandi juga menyebut bakal berkoordinasi dengan proyek LRT, mengingat pembangunan flyover memakan ruas jalan. Sementara light rapid trans juga bakal menggerus jalan MT Haryono.


"Kita ingin nanti kerja sama dari proyek LRT yang di bawah (jalan). Karena ini nyambung dua ke sini (flyover Pancoran) tapi begitu sampai di bawah, nyatu lagi," imbuh Sandi.

Ia meminta ada toleransi dari LRT untuk memperlebar ruas jalan. "Jadi kalau misalnya bisa ada toleransi sedikit di rekayasa ke kiri, sedikit diperlebar mungkin tidak terlalu menyempit di ujung daripada fly over ini," tandasnya.

Baca: Jembatan Layang Pancoran Diuji Coba Besok

Untuk diketahui, saat ini waktu tempuh kendaraan dari Cawang menuju Pancoran yakni berkisar 12 menit. Diharapkan waktu tempuh itu akan dipersingkat dengan kehadiran jalan layang ini. Wagub Jakarta memastikan petugas bakal menyelesaikan perlengkapan flyover Pancoran malam ini.

Rambu, marka jalan dan penerangan dipastikan akan terpasang saat uji coba. "Marka sudah hampir final, tinggal ada beberapa tempat. Jadi malam ini kita akan kebutlah. Mudah-mudahan cuacanya bersahabat," ujar Sandi.

Kepala Dinas Bina Marga Yusmada Faizal menambahkan terkait sertifikat layak fungsi atau uji. Menurutnya kelengkapan itu tengah diproses oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Uji coba kan begitu langsung kita lihat lalu lintasnya. Kalau yang dimaksud layak uji itu uji beban, uji struktur jembatan ini. Kalau layak fungsinya itu kan marka ada, rambu ada, aspalnya mulus itu sudah layak," sebutnya.



(LDS)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360