Ketua DPRD DKI Yakin Bundaran HI Tak Tenggelam
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi--MI/Arya Manggala
Jakarta: Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meyakini Bundaran HI tak akan tenggelam. Pasalnya, Pemprov DKI dan Pemerintahaan Pusat tengah berupa dengan beragam program antisipasi.

Salah satunya proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD). NCICD atau tanggul laut berfungsi untuk menahan air rob.

"Saya sepakat dengan kebijakan Pak Gubernur, tinggal percantik saja. Itu harus jalan enggak ada yang haram, yang haram kalau terjadi suap," kata Prasetio di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis, 22 November 2018.


Prasetio menyampaikan, selain membangun tanggul laut, banjir juga bisa diantisipasi dengan membangun reklamasi. Menurutnya, reklamasi bisa menjadi tempat baru untuk warga yang tergenang. "Itulah gunanya yang namanya reklamasi, nanti larinya ke situ," imbuhnya.

Baca: Anies Sanggah Prediksi Prabowo

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tak mau menanggapi ramalan yang menyebutkan Bundaran HI akan tenggelam pada 2025. Yang terpenting menurutnya, Pemprov telah menyiapkan program-program antisipasi.

Anies mengatakan, Pemprov akan mendukung Pemerintah Pusat untuk membangun tanggul raksasa di tengah pantai. "Saya enggak komentar soal ramalan, saya menyiapkan tentang program yang memang sudah direncanakan oleh pemerintah. Itu tugas saya," kata Anies di kawasan Jakarta Pusat, Rabu 21 November 2018.

Namun, Anies tak menampik bila permukaan tanah di Ibu Kota menurun sekitar tujuh centimeter setiap tahunnya. Menurutnya, penurunan muka tanah menjadi ancaman serius bagi Jakarta.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id