Ilustrasi Jakarta. Medcom.id/Nur Azizah
Ilustrasi Jakarta. Medcom.id/Nur Azizah

Sudah Tak Normal, Jakarta Tak Bisa Andalkan Gravitasi untuk Mengalirkan Air ke Laut

Putri Anisa Yuliani • 02 September 2021 17:55
Jakarta: Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta, Yusmada Faizal, mengungkapkan kondisi permukaan tanah di Jakarta mengalami penurunan yang sangat signifikan. Terutama di bagian pesisir.
 
Sebelum 2007, laju penurunan permukaan tanah di Jakarta mencapai 10 sentimeter (cm) per tahun. Dengan berbagai upaya, lajunya dapat ditekan pada 2017. Meski demikian, penurunan permukaan tanah di Jakarta terus terjadi dan membuat kondisi tak normal.
 
Menurut Yusmada, terus menurunnya permukaan tanah di Jakarta, air sungai tak lagi dapat mengalir dengan normal mengikuti gravitasi ke laut. Hal itu disebabkan kondisi permukaan tanah di pesisir dan di tengah Jakarta yang sama-sama sudah menurun ditambah permukaan air laut yang terus meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Misalnya ada hujan turun di Bundaran HI, itu tidak bisa lagi mengalir langsung gravitasi ke laut tapi harus dikirim ke Waduk Melati dan dipompa ke laut. Begitu juga air di Istana itu harus mengalir ke Waduk Pluit dan dipompa. Ini menujukkan bahwa kondisi di Jakarta tidak bisa lagi mengandalkan gravitasi, karena ada kondisi di bawah permukaan laut," kata Yusmada dalam webinar 'Jakarta The Sinking City', Kamis, 2 September 2021.
 
Baca: Kawasan Muara Baru Diprediksi Tenggelam 4,5 Meter Pada 2050
 
Untuk mengantisipasi agar Jakarta tidak tenggelam, pihaknya harus mengantisipasi bencana banjir. Langkah yang dilakukan antara lain, membenahi 13 sungai serta membangun waduk, situ, embung, dan polder.
 
"Sistem waduk dan polder ini harus kita tingkatkan," kata Yusmada.
 
Dia juga mengingatkan bahwa tanggul-tanggul laut harus dilanjutkan. Sebab, tanggul-tanggul laut tersebut mencegah Jakarta mengalami banjir rob selama gelombang air laut sedang meninggi.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif