Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

8 Sektor Usaha Tetap Jalan Saat PSBB Jakarta

Nasional Virus Korona PSBB
Sri Yanti Nainggolan • 07 April 2020 22:52
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membiarkan delapan sektor usaha tetap berjalan saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berlangsung. Kebijakan ini diterapkan Jumat, 10 April 2020.
 
"Untuk dunia usaha kita akan mengatur bahwa kegiatan perkantoran dihentikan, kecuali beberapa sektor," kata Anies dalam konferensi pers di Balai Kota DKI, Selasa, 7 April 2020.
 
Usaha pertama yang dibiarkan beroperasi yakni sektor kesehatan. Tak hanya rumah sakit dan klinik, kelonggaran ini berlaku untuk industri kesehatan seperti produsen sabun atau disinfektan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua, sektor pangan yang meliputi makanan dan minuman. Ketiga, sektor energi seperti air, gas, listrik, dan pompa bensin. Keempat, sektor komunikasi, baik jasa komunikasi sampai media komunikasi.
 
Kelima, yakni keuangan dan perbankan, termasuk pasar modal. Keenam, kegiatan logistik seperti distribusi barang tetap berjalan di tengah upaya ketat pencegahan virus korona (covid-19).
 
Sektor ketujuh meliputi sektor kebutuhan keseharian seperti warung dan toko kelontong. Terakhir, sektor industri strategis bisa tetap beroperasi di kawasan Ibu Kota.
 
"Begitu juga dengan kegiatan organisasi sosial terkait penanganan covid-19, bisa terus berkegiatan seperti biasa," imbuh dia.
 
Organisasi ini meliputi lembaga pengelola zakat, pengelola bantuan sosial atau organisasi nonpemerintah (NGO) di bidang kesehatan atau terkait penanganan covid-19. Namun, Anies meminta kedelapan sektor ini tetap bekerja dengan mengikuti protap penanganan covid-19.
 
8 Sektor Usaha Tetap Jalan Saat PSBB Jakarta
 
Baca: Kendaraan Pribadi Tidak Kena Imbas PSBB di Jakarta
 
"Artinya ada physical distancing, mengharuskan penggunaan masker, mengharuskan ada fasilitas cuci tangan yang mudah ditemukan, dan melakukan cuci tangan yang rutin," papar dia.
 
Selain delapan sektor tersebut, unit kerja pemerintahan daerah serta kepolisian dan TNI tetap berjalan. Aparat pemerintah bertugas seperti biasa.
 

(OGI)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif