Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah - Medcom.id/Ilham Wibowo.
Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah - Medcom.id/Ilham Wibowo.

DKI Kukuh Tak Butuh Perda Pelegalan di Pulau Reklamasi

Nasional reklamasi teluk jakarta
Nur Azizah • 17 Juni 2019 19:27
Jakarta: Sekretaris Daerah DKI Jakarta Saefullah mengatakan tak butuh peraturan daerah (perda) untuk melegalkan pembangunan di Pulau reklamasi. Menurutnya, Raperda Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K) tak ada hubungannya dengan pembangunan di pulau itu.
 
"RZWP3K itu tidak ada kaitannya. RZWP3K itu untuk mengatur zonasi pulau-pulau di sana," kata Saefullah di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 17 Juni 2019.
 
Menurutnya, Pemprov cukup menggunakan Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 206 Tahun 2016 tentang Panduan Rancang Kota Pulau C, D dan E. Sementara untuk mengeluarkan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Pemda menggunakan Peraturan Pemerintah Nomor 36 Tahun 2005 Pasal 18 ayat 3.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ayat itu menyebutkan kawasan yang belum memiliki rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan rencana detail tata ruang (RDTR) maka Pemerintah Daerah dapat memberikan persetujuan mendirikan bangunan gedung pada daerah tersebut. Namun izin yang diberikan bersifat sementara.
 
Saat ini, Pemprov tengah merevisi Perda RDTR dan RZWP3K. Kedua Raperda itu baru bakal segera diajukan ke DPRD DKI.
 
"Sudah masuk tinggal tunggu pembahasan," ungkap dia.
 
Belum lama ini, Pemprov DKI telah menerbitkan IMB untuk 932 gedung yang telah didirikan di Pulau D hasil reklamasi di pesisir utara Jakarta. Di Pulau D, terdapat 932 bangunan yang terdiri dari 409 rumah tinggal dan 212 rumah kantor (rukan).
 
Ada pula 311 rukan dan rumah tinggal yang belum selesai dibangun. Bangunan itu sempat disegel oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada awal Juni 2018 karena disebut tak memiliki IMB.

 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif