Spanduk pemberitahuan pemberlakuan tilang elektronik, dipasang di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan (21/11/2016). Foto: MI/Agus Mulyawan
Spanduk pemberitahuan pemberlakuan tilang elektronik, dipasang di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan (21/11/2016). Foto: MI/Agus Mulyawan

Mulai Oktober, Nomor Ponsel dan Email Wajib Dicantumkan di BPKB

Nasional tilang elektronik
Muhammad Al Hasan • 19 September 2018 21:24
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta bersama Polda Metro Jaya akan memberlakukan sistem e-tilang mulai Oktober 2018. Bagi pemilik kendaraan baru diharapkan mengisi kolom nomor ponsel dan email yang tertera di lembar Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
 
"Kalau nomor hp dan email sudah ada kolomnya tapi tidak semuanya mengisi, mulai 1 Oktober harus di isi," kata Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Polisi Yusuf, saat dihubungi oleh Medcom.id pada Rabu, 19 September 2018.
 
Peraturan ini baru, sebab sebelumnya pengisian kolom tidak diwajibkan. Namun untuk pemilik kendaraan lama, bila sudah tercantum no ponsel, email atau keduanya di BPKB dan STNK, pemilik kendaraan tidak perlu melakukan pembaruan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bukan memperbaharui BPKB tapi masyarakat yang beli kendaraan baru diimbau untuk menuliskan no hp atau alamat email atau dua duanya," kata dia.
 
Terkait kebijakan e-tilang atau electronic traffic law enforcement (ETLE) yang akan dilakukan Oktober 2018, data berupa nomor ponsel dan email akan digunakan kepolisian sebagai identifikasi dan komunikasi antarsistem dari polisi dan pemilik kendaraan.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif