Marco Dibantu 4 Ahli Urus Pesisir Jakarta
Aktivis sekaligus pengamat perkotaan Marco Kusumawijaya - MI/Angga Yuniar.
Jakarta: Aktivis sekaligus pengamat perkotaan Marco Kusumawijaya mengaku telah menerima surat keputusan (SK) sebagai Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Pemprov DKI Jakarta. Marco ditunjuk sebagai ketua Tim Bidang Pengelolaan Pesisir dengan anggota lima orang ahli. 

"Pak Gubernur minta segera memulai kerja, minggu lalu kami terima SK," ujar Marco di Balai Kota, Jakarta, Selasa, 26 Juni 2018. 

Marco yang merangkap sebagai anggota tim itu bakal bekerja bersama para pakar untuk memberikan saran kepada Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pakar tersebut, yakni ahli kelautan Institut Teknologi Bandung (ITB) Muslim Muin, Mantan Direktur Eksekutif Walhi Chalid Muhammad, Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) Ade Irvan Pulunga, dan Dirjen Kelautan Pesisir dan Palau-Pulau Kecil Kementerian Kelautan dan Perikanan (KP3K KKP) Sudirman Saad. 


(Baca juga: Marco Kusumawijaya Jadi Ketua TGUPP Bidang Pesisir)

"Karena saya di luar kota, apa yang dijelaskan saya tidak tahu detailnya, sejauh yang saya tahu kami dianggap orang berkompeten karena mengurus lingkungan," kata Marco. 

Marco yang juga pernah menjadi anggota tim sukses pemenangan Anies-Sandi di Pilkada DKI Jakarta 2017 ini bakal mengurusi pesisir Jakarta hingga wilayah Kepulauan Seribu. Permasalahan seperti reklamasi dan penataan Kepulauan Seribu bakal jadi perhatian khusus. 

"Kami bukan perangkat daerah, kami hanya melapor kenapa Pak Gubernur dan gubenur yang menyampaikan apa yang dianggap baik dari apa yang kami sampaikan," ucap dia. 

Marco enggan membocorkan hal-hal yang bakal dilakukan untuk memberi saran kepada Anies. "Sekarang masih membuat kerangka kerja, sedang memerinci apa yang mau dihasilkan dan kapan, belum tahu mana yang duluan mana yang tidak," tandas dia. 





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id