Warga korban kebakaran bersilahturahmi usai melakukan Shalat Idul Fitri di Pasar Gembrong, Jakarta, Senin (2/5/2022). Foto: Antara/Yogi Rachman
Warga korban kebakaran bersilahturahmi usai melakukan Shalat Idul Fitri di Pasar Gembrong, Jakarta, Senin (2/5/2022). Foto: Antara/Yogi Rachman

Sebelum Revitalisasi, Pemprov Cek Status Tanah Permukiman di Pasar Gembrong

Nasional kebakaran DKI Jakarta Pemprov DKI Kebakaran Pasar Gembrong
Antara • 11 Mei 2022 02:28
Jakarta: Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) berencana melakukan revitalisasi permukiman warga korban kebakaran di RW 01 Pasar Gembrong, Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur. Sebelum revitalisasi dilakukan, pihaknya akan memastikan hak tanah dari masing-masing warga yang terdampak, agar tidak terjadi kesalahan hukum.
 
"Pertama yang kita lakukan investigasi tanahnya dulu. Jangan sampai kita membangun di tanah orang, menjadi blunder, pelanggaran hukum," kata Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar di Jakarta, Selasa, 10 Mei 2022.
 
Anwar menambahkan dalam waktu dekat pihaknya juga akan bersurat ke Kejaksaan Negeri Jakarta Timur. Hal ini untuk meminta pendapat hukum terhadap status tanah tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Petugas Gabungan Bersih-bersih Lokasi Kebakaran Pasar Gembrong
 
Sebanyak 185 rumah dengan 432 kepala keluarga (KK) dan 691 jiwa terdampak dalam musibah kebakaran di Pasar Gembrong pada Minggu, 24 April 2022. Data ini didapat dari hasil rapat rencana revitalisasi penataan Pasar Gembrong, 
 
Ia mengatakan revitalisasi tersebut bekerja sama dengan Baznas Bazis Provinsi DKI Jakarta. Nantinya, revitalisasi Pasar Gembrong dikerjakan dalam waktu dekat untuk menjadikan kawasan terpadu.
 
"Revitalisasi tersebut sesuai arahan Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, untuk mengembalikan atau ditata dengan baik lingkungan Pasar Gembrong usai dilanda kebakaran," ujar Anwar.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif