Salah satu kaum urban yang merantau ke Jakarta ialah Mardiono. Metro TV
Salah satu kaum urban yang merantau ke Jakarta ialah Mardiono. Metro TV

Primetime News

'Manis' Jakarta Buat Kaum Urban

Nasional DKI Jakarta urbanisasi Primetime News Lebaran 2022
MetroTV • 12 Mei 2022 23:52
Jakarta: Fenomena meningkatnya arus urbanisasi pascamudik lebaran sudah lama terjadi. Para pemudik kerap membawa sanak saudara maupun kerabat kembali ke perantauan untuk mengadu nasib, salah satunya ke Jakarta.
 
Salah satu kaum urban yang merantau ke Jakarta ialah Mardiono. Pemuda asal Purbalingga ini mengaku datang ke Jakarta karena diajak oleh saudaranya.
 
Sebelumnya, ia berprofesi sebagai perajin tempe. Modal usaha yang habis akibat kenaikan harga bahan baku tempe menjadi penyebab Mardiono terpaksa membanting setir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Jadinya nganggur gitu sampai modalnya habis,” kata Mardiono dalam tayangan Primetime News di Metro TV, Kamis, 12 Mei 2022.
 
Mardiono kini bekerja sebagai pembuat tong sampah berbahan dasar drum. Demi mencari nafkah, ia terpaksa berpisah dengan anak dan istri. Mardiono berharap pekerjaannya saat ini dapat memenuhi biaya sekolah anak dan kebutuhan keluarganya di kampung halaman.
 
Mardiono tidak menampik kemungkinan jika mendapat peluang pekerjaan yang lebih baik di kampung. Dari lubuk hati yang terdalam, ia ingin kembali agar bisa dekat dengan anak istrinya.
 
“Masa ibaratnya mau meninggal di Jakarta kan nggak mungkin,” kata Mardiono.
 
Mardiono merupakan salah satu dari sekian banyak kaum pendatang yang mengadu nasib di Kota Metropolitan. Jakarta memiliki daya tarik yang sangat kuat bagi orang yang berasal dari daerah untuk mencari rejeki. Mereka datang dengan mimpi untuk mendapatkan pekerjaan dan kehidupan yang lebih layak. (Hana Nushratu)
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif