Anies Tak Takut Digugat PT KNI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Medcom.id/Faisal Abdalla.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menugaskan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk mengelola pulau C, D dan G reklamasi. Adanya kebijakan ini tak membuatnya takut digugat para pemegang konsesi proyek reklamasi di Pesisir Utara Jakarta.

Padahal, pemegang proyek reklamasi C dan D ialah PT Kapuk Naga Indah. Sedangkan pemegang konsesi pulau G yakni PT Muara Wisesa.

"Semua keputusan pemerintah bisa digugat selama ada PTUN. Boleh, enggak apa-apa," kata Anies di kantor TransJakarta, Cawang, Jakarta Timur, Jumat 23 November 2018.


Izin pengelolaan pulau reklamasi kepada PT Jakpro tertuang dalam Perda nomor 120 tahun 2018 tentang penugasan kepada PT Jakrpro untuk mengelola lahan hasil reklamasi Pantai Utara Jakarta. Perda itu dikeluarkan pada 9 November 2018.

Dalam pasal II disebut bahwa PT Jakpro berhak mengelola lahan kontribusi sesuai dengan panduan rancangan kota. Selain itu, PT Jakrpro juga diperbolehkan melakukan kerja sama pengelolaan sarana, prasarana, dan fasilitas umum lainnya pada pemegang izin pelaksanaan reklamasi kepada Pemprov.

Sarana, prasarana, dan fasilitas yang bisa dikelola PT Jakrpro ialah rumah susun untuk masyarakat berpenghasilan rendah, restoran ikan, kantor pemerintah, dermaga, pasar tematik, dan tempat ibadah. Anies mengatakan, pihaknya meminta PT Jakpro untuk menyusun penataan pulau reklamasi.

Alasan Anies menyerahkan lahan reklamasi pada PT Jakpro lantaran perusahaan pelat merah dinilai paling pas. "Karena relevansi yang paling pas ya dia," pungkas Anies.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id