Kepala Dinas Kebersihan DKI Isnawa Adji.
Kepala Dinas Kebersihan DKI Isnawa Adji.

Ribuan Petugas Kebersihan Disebar ke 19 Titik

Nasional perayaan tahun baru
Nur Azizah • 28 Desember 2018 13:20
Jakarta: Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta akan mengerahkan 6.800 satuan tugas kebersihan saat malam tahun baru 2019. Mereka akan disebar ke 19 titik di Ibu Kota.
 
Jakarta Pusat yang menjadi perhatian adalah Jalan Thamrin, kawasan Monas, Bundaran HI, Jalan Benjamin Sueb Kemayoran, dan Taman Ismail Marzuki (TIM). Sedangkan Jakarta Selatan ada Situ Babakan, Kemang Raya, Kuningan Epicentrum dan Ragunan.
 
"Jakarta Barat ada di kawasan Kota Tua, Mangga Besar, sekitar Kantor Wali Kota Jakarta Barat dan Perkantoran CNI," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Isnawa Adji, Jumat, 28 Desember 2018.
 
Sedangkan Jakarta Utara yang menjadi fokus adalah kawasan Danau Sunter, Kelapa Gading dan Ancol. Lalu, Jakarta Timur di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Mesjid At-Tin dan sekitaran kantor Wali Kota Jakarta Timur.
 
Untuk membersihkan kawasan tersebut, Dinas Lingkungan Hidup telah menyiapkan sekitar 6.800 satuan tugas kebersihan. 6.800 petugas ini terdiri dari supir truk sampah, regu comot, dan pasukan oranye dari tiap kelurahan.

Baca: Jokowi Rayakan Tahun Baru di Bogor 

Tak hanya itu, Dinas LH akan mengerahkan truk sampah jenis compactor 100 unit, mobil penyapu jalan otomatis (road sweeper) 50 unit, mobil pickup lintas 42 unit dan 25 bus toilet. Dinas LH juga menyebar ribuan keranjang sampah.
 
"Kita akan menyiagakan TPST Bantargebang selana 24 jam," kata Isnawa.
 
Membersihkan Kampung
 
Selain 19 titik lokasi utama, Isnawa meminta Suku Dinas dan Satuan Kerja Lingkungan Hidup Kecamatan ikut membersihkan kampung setelah malam pergantian tahun.
 
"Tidak hanya di tempat-tempat acara utama, setiap kampung di Jakarta juga biasanya menggelar perayaan, baik acara hiburan, istigasah, zikir akbar atau doa bersama. Semuanya harus diantisipasi penanganan kebersihannya," ujar Isnawa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?




(FZN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi