Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta. Foto: MI/Arya.
Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta. Foto: MI/Arya.

Kereta Bandara Beroperasi Sampai Manggarai

Nasional kereta bandara
Nur Azizah • 04 Maret 2019 09:31
Jakarta: Dalam waktu dekat Kereta Api Bandara Soekarno Hatta bakal beroperasi hingga Stasiun Manggarai. Sebelumnya, kereta Bandara hanya melayani sampai kawasan Dukuh Atas.
 
Layanan KA Bandara hingga Stasiun Manggarai bakal dioperasikan bulan ini. Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, penambahan layanan ini akan memudahkan masyarakat Jabodetabek yang akan menuju bandara terbesar di Asia Tenggara itu.
 
“Kereta bandara yang tadinya sampai Dukuh Atas sebentar lagi akan dioperasikan sampai Stasiun Manggarai sehingga semua angkutan-angkutan yang dari Depok, Bekasi bisa mengganti (transit) di tempat itu sehingga kereta bandara bisa point to point,” kata Budi dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Senin, 4 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kereta Bandara Dinilai Memudahkan Calon Penumpang asal Bekasi
 
Budi optimistis occupancy atau tingkat keterisian kereta bandara akan meningkat lebih dari 50 persen. Pasalnya, kereta bandara menjadi salah satu alternatif transportasi warga dari arah Bekasi dan Depok.
 
“Kalau menurut saya dengan berhenti di Stasiun Manggarai, occupancy kereta bandara ini menjadi 60% karena orang Depok, Bekasi bisa langsung. Kalau sekarang ini harus effort sampai ke Dukuh Atas terlebih dahulu,” jelasnya.
 
Selain kereta bandara, Budi membahas rencana pengoperasian Moda Raya Terpadu (MRT). Berdasarkan jadwal, kereta cepat ini akan beroperasi pada akhir Maret 2019.
 
Saat ini, progres pembangunan MRT sidah mencapai 99,1%. Kereta buatan Jepang ini memiliki kecepatan hingga 60 kilometer per jam dan mampu memindahkan penumpang dengan waktu 30 menit dari stasiun Lebak Bulus hingga Bundaran HI.
 

(FZN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif