Warga melintas di lokasi pembangunan Stadion BMW, Sunter, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.
Warga melintas di lokasi pembangunan Stadion BMW, Sunter, Jakarta. Foto: MI/Pius Erlangga.

Sertifikat Lahan Stadion BMW Cacat Hukum

Nasional stadion bmw
Nur Azizah • 15 Mei 2019 11:45
Jakarta: Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta menyatakan sertifikat lahan Stadion Bersih, Manusiawi, dan Berwibawa (BMW) yang dimiliki Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI cacat hukum dan prosedur. Putusan ini tertuang dalam Putusan Nomor 282/g/2018/PTUN-JKT yang dikeluarkan pada Selasa, 14 Mei 2019.
 
"Majelis hakim telah mengabulkan gugatan PT Buana Permata Hijau dengan membatalkan Sertifikat Hak Pakai Nomor 314/Kelurahan Panggango dan Sertifikat Hak Pakai Nomor 314/Kelurahan Panggango (lahan pakaian BMW). Dalam pertimbangan putusannya, majelis hakim menyatakan bahwa penerbitan kedua sertifikat tersebut terbukti cacat hukum baik secara prosedur dan substansi," bunyi putusan tersebut.
 
Akibat putusan tersebut, PT Buana Permata Hijau meminta Pemprov DKI untuk menghentikan proses pembangunan Stadion BMW. Kuasa hukum PT Buana Permata Hijau, Damianus H Renjaan, mendorong Pemprov DKI mematuhi putusan PTUN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pemprov DKI harus menghormati hak PT Buana Permata Hijau atas hak lahan tersebut," imbuh dia.
 
Baca: Anies Ingin Stadion BMW Jadi Jakarta International Stadium
 
Pembangunan stadion BMW dimulai pada Maret 2019. Proyek dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan. Pembangunan stadion direncanakan berlangsung selama 2 tahun 6 bulan.
 
Stadion BMW atau Jakarta International Stadium ini berdiri diatas lahan seluas 221.600 meter persegi. Stadion ini dirancang untuk menampung sekitar 82.000 penonton.
 
Saat pembangunan dimulai, Anies memastikan Pemprov berhak atas legalitas lahan Stadion BMW. Anies tak memasalahkan masih ada pihak-pihak yang kembali menggugat lahan tersebut.
 
"Sudah clear, enggak ada (masalah). Enggak ada larangan menggugat," kata Anies beberapa waktu lalu.

 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif