Sudin KPKP Jakpus lakukan pemeriksaan hewan kurban. Foto: Medcom.id/Christian
Sudin KPKP Jakpus lakukan pemeriksaan hewan kurban. Foto: Medcom.id/Christian

4 Hewan Kurban di Jakpus Terindikasi PMK

Christian • 01 Juli 2022 01:02
Jakarta: Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat telah memeriksa kesehatan 1.532 hewan kurban. Pemeriksaan mencakup 41 titik di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat. 
 
"Saat ini baru ada temuan empa sapi yang terindikasi Penyakit Mulut Kuku (PMK) di Gambir beberapa waktu lalu. Tapi saat ini sapi tersebut sudah berangsur sembuh," ucap Penty di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis, 30 Juni 2022. 
 
Penty mengatakan pemeriksaan terus dilakukan secara berkala. Pasalnya, hewan kurban yang datang ke wilayah Jakarta Pusat datang secara bertahap. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita juga lakukan penyemprotan cairan disinfektan yang dilakukan Kementerian Pertanian dan PMI (Palang Merah Indonesia) yang dilakukan hari ini," ungkap dia.
 

Baca: 55,9% Kasus Harian Covid-19 Berasal dari DKI Jakarta


Sejumlah hewan kurban di wilayah Gambir, Jakarta Pusat, terindikasi terjangkit penyakit mulut kuku (PMK). Indikasi ini berawal saat petugas memeriksa kesehatan pada hewan tersebut.
 
"Iya benar ada beberapa sapi yang terindikasi PMK. Ada empat yang dicurigai sakit PMK dan itu dari 12 sapi yang kita periksa," ucap Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat, Penty Yunesi Pudyastuti, kepada Medcom.id, Selasa, 28 Juni 2022.
 
Guna mencegah persebaran terhadap hewan yang terindikasi PMK, kata dia, pihaknya langsung memberikan pengobatan. Sapi-sapi itu diharapkan sudah sembuh beberapa hari ke depan.
 
"Kita belum tahu apakah itu benar kena PMK atau tidak. Sapi tersebut soalnya baru tiba bisa juga sakit karena kelelahan atau terserang virus yang terbawa oleh angin," ucap dia.
 
(AGA)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif